Beranda BANDUNG KBB Targetkan 5 Besar MTQ Tingkat Jawa Barat

KBB Targetkan 5 Besar MTQ Tingkat Jawa Barat

34
0

PADALARANG – Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan posisi lima besar pada perhelatam Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-35 tingkat Jawa Barat tahun 2018 yang diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi. Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Aseng Djunaedi saat melepas kafilah di Kota Baru Parahyangan Padalarang, Jum’at.

Menurutnya, pada MTQ kali ini kafilah Bandung Barat ditargetkan bisa mempertahankan juara lima besar seperti pada MTQ ke-34 di Kota Tasikmalaya.

“Target kami memang juara, tetapi yang lebih penting itu syiar Islam,” katanya.

Meski demikian, kata Aseng, keikutsertaan kafilah Bandung Barat sebagai wujud turut melakukan syiar Islam. Untuk itu, ia menjanjikan akan memberi kadeudeuh untuk para peserta jika berhasil meraih juara.

“KBB harus bisa mempertahankan juara lima besar . Sebagai bentuk apresiasi kami akan memberikan kadeudeuh,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Daerah II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah KBB, Asep Ilyas yang juga Ketua Harian MTQ mengatakan pada MTQ Jabar kali ini, kafilah KBB terdiri atas 40 peserta, 20 pembina dan pendamping. Pembiayaan berasal dari anggaran daerah Pemkab Bandung Barat. Para peserta ini akan mengikuti 7 perlombaan yang digelar pada MTQ ke-35 Jawa Barat mulai pada 14-20 April 2018.

“Khusus untuk para peserta, sebelum mengikuti MTQ Jabar mereka sudah diberi pembinaan pada bulan Maret lalu di Cipongkor. Harapannya, mereka lebih siap dalam mengikuti MTQ tingkat Jabar,” kata Asep.

Dia menjelaskan, keikutsertaan kafilah KBB dalam MTQ Jabar merupakan salah satu implementasi salah satu visi pemerintah daerah, yakni mewujudkan masyarakat yang religius. Selain itu, hal tersebut merupakan salah satu bentuk syiar Islam.

“Tahun ini, tentu kami targetkan juara 1, minimal tetap 5 besar. Saingan terberat memang masih Kota Bandung,” pungkasnya. (sep/tra)