Beranda KARAWANG Kapolres: Jika Melawan Tembak Mati Saja

Kapolres: Jika Melawan Tembak Mati Saja

66
0
AEF SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES KONFRENSI PERS: Kapolres Karawang, AKBP Hendy F Kurniawan dan jajarannya saat memberikan keterangan kepada awak media.

KARAWANG – Kapolres Karawang, AKBP Hendy F Kurniawan memerintahkan agar anggotanya tidak ragu untuk melakukan tembak di tempat kepada pelaku kejahatan curanmor, curat dan curah (C3).

Tiga jenis kejahatan ini mulai marak di Karawang dan sudah meresahkan masyarakat dalam setiap operasinya. Tindakan tegas dan terukur dengan cara menembak pelaku perlu dilakukan untuk menekan aksi kejahatan yang semakin nekat, bahkan berani melawan petugas. Perintah ini berlaku untuk seluruh anggota termasuk di Polsek-Polsek.

“Saya sudah mengintruksi kepada seluruh anggota agar berani bertindak tegas dan terukur untuk melawan pelaku kejahatan C3 yang sudah meresahkan masyarakat. Jangan ragu untuk menembak mereka. Apakah dilumpuhkan atau kalau terdesak karena pelaku membahayakan anggota, tembak mati saja.
Instruksi ini tidak bosan saya sampaikan kepada anggota saya dalam setiap kesempatan,” kata Hendy saat jumpa pers dengan wartawan, Jumat (12/1).

Instruksi tembak ditempat itu mulai dilaksanakan anggota Polres Karawang, dalam beberapa kasus kejahatan polisi tidak ragu menembak pelaku yang mencoba melawan saat akan ditangkap. Seperti dalam kasus curanmor polisi menembak DN (33), otak pelaku pencurian kendaraan bermotor roda dua ini, spesialis mencuri motor didalam rumah warga. DN dibantu anak buahnya R (43) dan S (44) masuk kedalam rumah warga dengan cari mencongkel jendela menggunakan golok. Kemudian pelaku masuk mengambil motor keluar melalui pintu depan.

“Tersangka DN kami tembak karena mencoba melawan saat akan ditangkap. Dia sudah melakukan aksi kejahatan di 30 lokasi mulai dari Karawang hingga wilayah Subang. Kelompok ini sudah menjadi target operasi kita karena aksinya meresahkan,” katanya.

Dalam kasus penjambretan, polisi juga menembak DI (35) pelaku jambret menggunakan motor sport mewah. DI spesialis jembret di sepanjang jalan baru alternatif. Dalam satu tahun kebelakang itu DI merajelela melakukan aksi kejahatannya di jalan baru dan sulit ditangkap oleh petugas.

“Pelaku yang satu ini cukup licin dalam menjalankan aksinya hingga cukup sulit kita memburunya. Namun kami berhasil memergoki pelaku saat menjalankan aksinya, namun karena melawan anggota saya langsung melakukan tindakan tegas dengan menembak pelaku,” katanya.

Hendy mengatakan dengan tindakan tegas dan terukur dari anggotanya untuk menembak pelaku kejahatan diharapkan angka kejahatan di Karawang dapt ditekan. Sebagai daerah penyangga ibukota, Kabupaten Karawang cukup rawan aksi kriminalitas.

“Saya juga mengimbau masyarakat agar aktif menyampaikan informasi jika terjadi aksi kejahatan dan kami siap bertindak,” katanya.(aef/tra)