Beranda PURWAKARTA Kapolda Tegaskan Pilkada Harus Bebas Money Politics

Kapolda Tegaskan Pilkada Harus Bebas Money Politics

1052
0

PURWAKARTA-Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Agung Budi Maryoto M.Si menggelar kunjungan kerja ke Mapolres Purwakarta yang dilanjutkan dengan berkunjung ke Kantor Pemerintahan Kabupaten Purwakarta untuk bersilaturahmi dengan Bupati Purwakarta H Dadan Koswara beserta jajaran Muspika, tokoh agama, camat dan kepala desa se-Kabupaten Purwakarta, serta tokoh masyarakat, Kamis (8/3).

Dalam kunjungannya itu, Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutannya yang baik dan hangat. “Sambutan yang baik ini menunjukkan jika silaturahmi antarwarga di Purwakarta juga sama baiknya. Ini juga menandakan kondusivitas di Purwakarta sangat baik,” ujarnya.

Hal ini menjadi penting, sambungnya, mengingat saat ini memasuki tahapan pilkada dan Purwakarta merupakan salah satu kabupaten yang ikut menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2018.

“Karena itu seluruh elemen masyarakat harus dapat bersama-sama menjaga situasi tetap aman dan damai. Jangan mudah terprovokasi oleh orang-orang yang ingin memecah belah persatuan dan kedamaian di Kabupaten Purwakarta,” kata Kapolda.

Kapolda juga mengingatkan agar semua pihak yang bertarung dalam Pilkada Jawa Barat atau pun Pilkada Purwakarta menerima apa pun hasil perhitungan yang dikeluarkan KPU. “Jadi kita mapping semuanya, mulai dari aspek kerawanan dan lainnya. Misalkan, satu daerah paslonnya hanya dua kandidat (head to head) maka ada potensi kerawanan dan ini harus dapat diantisipasi,” ujarnya.

Kapolda menyebutkan dirinya akan terus keliling Jawa Barat untuk terus memantau tahapan Pilkada 2018. “Satu hal yang juga penting adalah harus bebas dari praktik money politics. Di Garut kita tindak, padahal sebelumnya sudah kita ingatkan, sudah deklarasi tapi masih bermain juga. Satgas money politics sudah monitor kota dan kabupaten yang menggelar Pilkada serentak,” katanya mengingatkan.

Dirinya juga menegaskan netralitas anggota Polri serta meminta agar jajaran Polres untuk terus menjalin sinergitas dengan TNI (Kodim), khususnya dalam upaya pengamanan setiap tahapan pilkada serentak tahun ini. “Jaga sinergitas TNI dan Polri untuk mengamankan, mencegah, dan mengantisipasi setiap tahapan Pilkada,” ucapnya.(add)