Beranda PRO DESA Kades Diminta Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada

Kades Diminta Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada

70
0
VERRY KUSWANDI/PASUNDAN EKSPRES MINGGON KELILING: Camat Tanjungsiang Aep Saepudin dan Sekmat Idin Saepudin bersama Muspika mengajak Kepala Desa dan intansi pemerintahan minggon keliling di Desa Cibuluh.

Camat Gaet Disdukcapil Lakukan Perekaman

SUBANG-Camat Tanjungsiang, Drs Aep Saepudin mengajak para kepala desa memperkuat komunikasi melalui rapat minggon. Dalam agenda rutin tersebut, Aep juga menyampaikan program-program Pemkab Subang serta berdiskusi mengenai pemerintahan.

Menurut Aep, menjelang dilaksanakannya program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), para kades harus bisa membantu dan memfasilitasi masyarakatnya. Meski secara teknis program tersebut dilaksanakan BRI selaku bankir yang memiliki kewenangan dalam penyaluran.
“Program BPNT harus tepat sasaran, dan pastikan sampai kepada yang membutuhkannya,” katanya.

Selain itu, lanjut Aep, mengenai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Subang serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, dirinya meminta para kepala desa membantu masyarakat mengurus dokumen kependudukan. Pihaknya sudah kerja sama dengan Disdukcapil untuk melaksanakan perekaman mobiling secara terjadwal.
“Ini untuk menjangkau layanan dan administrasi kependudukan, agar terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT),” terangnya.

Di kesempatan tersebut, Aep juga mengingatkan, agar kepala desa tetap menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), agar terhindar daripelanggaran pemilu.
“Intinya menjaga netralitas dalam pemilukada, demi terciptanya Pilkada yang berkualitas dan nantinya memunculkan pemimpin yang berkualitas,” imbuhnya.
Mengenai keamanan, Aep mengimbau kepala desa untuk membuat posko rawan bencana, termasuk peta rawan bencana.
“Ini untuk meminimalisir dan atisipasi kewaspadaan terhadap kejadian bencana alam,” tandasnya.(vry/din)