Beranda PRO DESA Kades Diimbau Jangan Takut Melapor

Kades Diimbau Jangan Takut Melapor

36
0
Ujang Sutrisna

SUBANG-Adanya upaya oknum LSM atau wartawan yang menakut-nakuti kepala desa dalam penggunaan anggaran mendapat tanggapan dari Kantor Kesbangpol Kabupaten Subang.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Subang, Ujang Sutrisna mengatakan, saat ini jumlah LSM di Kabupaten Subang cukup banyak. Tingginya anggaran yang turun ke pemerintah desa menjadi alasan mereka turun ke pedesaan.

Ujang mengatakan tak heran dengan adanya upaya oknum LSM yang menakut-nakuti kepala desa. Ia juga mengaku tak jarang mendapat laporan terkait kabar tersebut.
“Para kepala desa mengeluhkan adanya oknum LSM atau oknum wartawan yang melakukan kegiatan, namun tujuan meminta sejumlah uang. Paling parah oknum tersebut mengaku sebagai mitra KPK,” ujarnya.

Pencairan dana desa, kata Ujang, seringkali dijadikan alasan para oknum untuk mencari-cari kesalahan yang ujung-ujungnya meminta sejumlah uang. Maka dari itu pihaknya mengimbau para kepala desa agar tidak takut terhadap tindakan para oknum tersebut.
“Jangan takut, karena jika diberikan kepada yang bukan peruntukannya malah berdampak terhadap volume pekerjaan pembangunan desa,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Ujang, para kepala desa diminta untuk mencatat identitas para oknum yang bertindak di luar aturan.
“Itu nanti bisa ditindak lanjut oleh tim saber pungli,” tuturnya.(ygo/din)