Beranda EDUKASIA Jaring Siswa Berprestasi Melalui LKS

Jaring Siswa Berprestasi Melalui LKS

44
0
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES BERSAING: Para Kepala sekolah dan pendamping siswa peserta saat mengikuti pembukaan LKS se-Kabupaten Bandung Barat.

NGAMPRAH – Untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mengaadakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se- KBB.

Kepala Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah IV Provinsi Jawa Barat Drs. H. Dede Amar, MPd mengatakan, LKS merupakan jembatan anak berprestasi untuk dapat mengikuti lomba pada tingkat provinsi dan nasional.

“Dengan adanya LKS ini akan menyaring siswa-siswi yang berkompetensi,” katanya

Amar mengatakan, sebelumnya dari KBB juga pernah ada siswa yang mewakili provinsi pada LKS tingkat nasional.

“Pada tingkat nasional kalo ngga salah, siswa SMK dari KBB, dan tahun kermarin juga dari KBB ada siswa yang mewakili Jabar saat LKS di Yogyakarta,” ucapnya.

Amar menambahkan, agar menjadi terbaik dalam LKS, sekolah harus mendukung penuh terhadap siswa yang memiliki kompetensi dan berprestasi.

“Kalau mau yang terbaik dan terdepan harus memberikan dukungan yang terbaik juga terhadap siswa dan siswi berprestasi yang ada di sekolah masing-masing,” paparnya.

Ketua MKKS KBB, Drs. H. Denny Mariana, SPd.MM, mengungkapkan, LKS tahun 2017 ini adalah LKS pertama di KBB, diadakan pada tanggal 11-16 september, dikuti oleh 147 peserta dari 103 SMK, yang melombakan 19 mata lomba, dari 19 mata lomba tersebut 12 mata lomba secara gratis.

“Sengaja kami gratiskan untuk mendorong sekolah agar aktif mengikuti LKS, karena ini lomba bergengsi di tingkat SMK, dan 7 mata lomba ada subsidi dari sekolah untuk belanja bahan,” jelasnya.

LKS yang diadakan pertama kali ini, sebagai bentuk penyaringan siswa berkompetensi dan berprestasi, yang akan dibawa pada LKS tingkat provinsi.

“Ini LKS pertama, biasanya untuk ikut lomba ditunjuk langsung, dengan LKS ini siswa akan merasakan aura lomba, hasil dari LKS ini juaranya akan kami lombakan pada tingkat provinsi,” jelasnya.

Deni berharap, dari hasil LKS 2017 itu terlahir siswa yang akan mewakili KBB pada LKS tingkat nasional.”KBB sudah masuk LKS tingkat Jabar belum nasional, mudah mudah kedepannya dapat mengikuti LKS tingkat Nasional,” tandasnya. (eko/epl).