Beranda PURWAKARTA Jamin Peserta Nyaman Bekerja

Jamin Peserta Nyaman Bekerja

72
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES PERESMIAN: BPJS TK Cabang Purwakarta meresmikan Desa Rawasari, Kecamatan Plered, sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kemarin (9/8).

BPJSTK Resmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

PURWAKARTA-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) Cabang Purwakarta meresmikan Desa Rawasari, Kecamatan Plered, sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kemarin (9/8).

Peresmian tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Padil Karsoma, jajaran BPJSTK Purwakarta, unsur Muspika Kecamatan Plered, perangkat desa hingga masyarakat sekitar.

Kepala BPJSTK Cabang Purwakarta Didi Sumardi mengatakan, ditetapkannya Desa Rawasari sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan diharapkan dapat memicu masyarakat untuk semakin sadar akan pentingnya manfaat menjadi peserta BPJSTK.

“Kita tidak pernah tahu risiko apa saja yang bisa terjadi saat bekerja, termasuk kapan datangnya risiko tersebut. Dengan menjadi peserta BPJSTK dan mengikuti Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun, maka itu bisa memberikan rasa tenang saat bekerja, termasuk bagi keluarga pekerja,” kata Didi.

Dirinya menjelaskan, Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan gerakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjadi peserta BPJSTK. Program ini sejalan dengan komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya. Serta, meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional.
“Saya sangat mengapresiasi pihak Desa Rawasari ini. Pasalnya, seluruh aparat desa, baik Kades, RT, RW, Linmas, dan DKM di desa ini sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Boleh jadi Aparat Desa Rawasari menjadi yang paling nyaman saat bekerja,” kata Didi.

Dirinya menambahkan, dengan menjadi peserta BPJSTK perangkat desa Rawasari mendapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Hari Tua. “Semoga desa-desa lainnya bisa mencontoh Desa Rawasari ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Rawasari Noeratif mengungkapkan, seluruh perangkat Desa Rawasari sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun lalu. Ada pun tahun ini, sambungnya, dirinya bersyukur seluruh DKM di Desa Rawasari juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk iuran perbulan seluruh perangkat Desa dan DKM akan dibayar melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) Desa Rawasari,” ucapnya.(add/epl)