Beranda PRO DESA Irda Segera Lakukan Pengecekan

Irda Segera Lakukan Pengecekan

31
0

SUBANG- Inspektorat daerah (Irda) Kabupaten Subang segera mengecek keberadaan vila liar di wilayah Subang Selatan. Terlebih ada dugaan beberapa vila dimiliki oleh ASN Pemkab Subang.

Sekretaris Irda Subang, Deden mengatakan kepemilikan vila oleh ASN di wilayah Ciater sah-sah saja bila pembeliannya menggunakan biaya pribadi dan tidak menggunakan fasilitas negara.

“Pihak kami belum menemukan kejanggalan pemakaian anggaran pemerintah untuk pembangunan vila liar di Ciater dengan ASN sebagai pemiliknya. Sah-sah saja membangun asalkan pakai uang sendiri,” ujarnya.

Ia juga menerangkan pihaknya akan segera melakukan kroscek. Melalui lima aspek audit seperti kebijakan, keuangan, benda milik daerah, sarana, dan prasarana, dan kepegawaian. Sementara itu, Pemerintah Kecamatan Ciater meminta seluruh pihak duduk bersama untuk membicarakan permasalahan tersebut.

Camat Ciater, Ahmad Hidayat mengatakan dirinya belum mengetahui persis keberadaan vila liar yang berlokasi di Ciater. Namun pihaknya juga menginginkan kejelasan mengenai permasalahan tersebut.

“Saya baru tujuh bulan menjabat jadi belum tahu persis. Kami mendukung adanya pembenahan vila liar di kawasan tersebut. Soal SPPT kemungkinan besar itu ulah oknum. Jadi pihak kecamatan tidak mengetahuinya. Kami juga ingin dilibatkan dalam setiap rapat agar tahu duduk permasalahannya,” jelasnya.

Sementara itu, pegiat lingkungan Iis Rochati menginginkan adanya pengembalian hutan lindung ke fungsi awal sebelum keberadaan vila liar. Sampai saat ini pihaknya belum melihat adanya penertiban yang dilakukan.

Ketua DPRD Subang, Beni Rudiono mengatakan pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan tim yang dibentuk untuk menyelesaikan permasalahan alih fungsi lahan di kawasan Hutan Lindung Ciater.

“Kita terus lakukan konsolidasi dengan pihak terkait bagaimana untuk pemecahan masalahnya,” tandas Beni.(ygo/tra)