Beranda HEADLINE Iptu Kuswari Bantu Pemudik Melahirkan di Rest Area

Iptu Kuswari Bantu Pemudik Melahirkan di Rest Area

92
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES Iptu. Kuswari bersama petugas medis Rumah Sakit Bayu Asih (RSBA) Purwakarta, merawat bayi yang lahir di Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi. Pihak Jasa Marga menggandeng sejumlah rumah sakit, untuk menangani kondisi darurat.

PURWAKARTA-Seorang petugas kepolisian Polres Purwakarta, Iptu Kuswari, menyelamatkan seorang ibu yang melahirkan di Rest Area KM 88 Ruas Tol Purbaleunyi, arah Bandung, Senin (11/6) dini hari.

Adalah Fitri Wulandari (30), warga Ciamis yang hendak melakukan perjalanan mudik ke Pangandaran Jawa Barat bersama keluarganya. Namun, saat beristirahat di rest area tersebut, Fitri melahirkan seorang bayi perempuan di jok tengah mobil Kijang ber-Nopol B 1978 GM miliknya.

Suami Fitri, Haryanto (35), merasa panik dan segera meminta bantuan petugas keamanan setempat, yang kemudian menghubungi Iptu Kuswari yang kebetulan tengah siaga di lokasi tersebut. Dengan sigap Iptu Kuswari menghampiri Fitri dan mengecek kondisi ibu muda yang baru saja melahirkan anak keduanya itu.

“Saya lagi piket di Rest Area KM 88 Cipularang. Kemudian dapat laporan dari keamanan setempat sekitar pukul 03.30 bahwa ada yang lahiran, saya langsung mengecek, ternyata bukan mau melahirkan, tapi sudah lahiran,” kata Iptu Kuswari yang kesehariannya menjabat sebagai KBO Satres Narkoba Polres Purwakarta ini.

Dijelaskannya, saat mengecek kondisi Fitri, ibu muda tersebut berada di jok tengah mobil jenis Kijang yang dikemudikan suaminya.

“Waktu itu ada perawat dari pos kesehatan di Rest Area, hanya saja dia merasa tidak punya kewenangan untuk tindakan melahirkan. Saya pun dengan segera memutuskan untuk membawa ibu dan bayinya itu ke Rumah Sakit Bayu Asih (RSBA). Pikir saya waktu itu yang pentimg ibu dan anaknya selamat terlebih dahulu,” ujarnya.

Kuswari pun memberanikan diri untuk putar balik di KM 89 dengan prinsip berhati-hati. “Alhamdulillah setelah bisa putar balik, bisa sampai ke RSBA dengan selamat dan langsung diberikan pelayanan medis lanjutan,” kata Kuswari.

Sementara itu, dalam keterangannya, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, selain sisi operasional, Jasa Marga juga bekerjasama dengan rumah sakit di sekitar jalan tol untuk dapat melakukan pertolongan jika terjadi kondisi luar biasa atau darurat.

“Untuk daerah Purwakarta yang bertepatan dengan lokasi Rest Area KM 88, Jasa Marga menggandeng Rumah Sakit (RS) Bayu Asih Purwakarta,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya kerjasama lintas instansi tersebut, Iptu Kuswari segera membawa Fitri dan anaknya ke RSBA Purwakarta untuk mendapatkan penanganan medis selanjutnya dan memastikan keselamatan ibu dan anak tersebut.

“Tugas para penjaga keamanan tidak hanya bagi hal yang bersifat teknis, seperti mengurai kepadatan kendaraan atau memberikan informasi bagi pemudik, namun juga melayani pemudik yang membutuhkan pertolongan darurat,” ucap Dwimawan.(add/dan)