Beranda BISNIS Ingin Awet, Rawat AC dengan Baik

Ingin Awet, Rawat AC dengan Baik

86
0
VINNY DINA RAHAYU/PASUNDAN EKSPRES PERAWATAN: Petugas Mitra Tehnik melakukan perawatan AC disalah satu Konsumenya, kemarin (4/5).

SUBANG– AC (air conditioner) atau pendingin ruang saat ini sudah menjadi kebutuhan utama dalam sebuah hunian, apalagi di daerah tropis seperti Indonesia. Namun tahukah anda jika sering digunakan seharian dapat menimbulkan kerusakan pada mesin AC tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut perlu dilakukan perawatan pada AC untuk menghindari kerusakan dan tentunya memperpanjang umur AC tersebut. Namun tidak dipungkiri masih sedikit orang yang mengetahui bagaimana cara menggunakan AC yang benar.

Untuk itu, Azis Abdul Rohman selaku pemilik Mitra Tehnik yang bergerak dibidang jasa penyediaan dan service AC, memberikan Tips ampuh bagaimana merawat AC dengan benar agar awet dan tidak cepat rusak.
“AC keluaran sekarang cenderung lebih mudah rusak dibanding AC keluaran dahulu sehingga untuk perawatannya harus diperhatikan dengan baik,” jelasnya.

Pertama yang harus dilakukan adalah hal sederhana yang sering disepelekan yakni menutup pintu ruangan saat AC dinyalakan.

Sering kali orang lupa membiarkan pintu ruangan terbuka sehingga dingin nya AC keluar ruangan, hal ini sangat tidak dianjurkan karena dapat menghasilkan dingin yang tidak maksimal dan membuat AC cepat rusak.

Kemudian lakukan cuci AC secara rutin setiap tiga bulan sekali, menurut Azis upaya ini harus dilakukan oleh ahlinya. Proses pencucian ini berguna untuk membersihkan area dalam AC, proses pencucian AC pun hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadi kebocoran pada AC.
“Perawatan tersebut berlaku untuk semua jenis AC perlakuannya semua hampir sama saja,”ungkapnya.

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yaitu mengunakan AC tidak dianjurkan pada suhu yang terlalu rendah. Normalnya itu adalah 20 derajat celcius, atau boleh 16 hingga 18 derajat celcius tapi tidak setiap saat hanya sesekali saja.

Terakhir adalah pastikan AC dalam kondisi mati ketika ditinggalkan jangan sampai dibiarkan seharian karena dapat membuat mesinnya cepat rusak. (vny/ded)