Beranda LINTAS JABAR Imbau Terapkan Konsep Ki Hajar Dewantara

Imbau Terapkan Konsep Ki Hajar Dewantara

100
0
Ahmad Heryawan

BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau tenaga pendidik untuk menerapkan konsep yang dilakukan Ki Hajar Dewantara.
Menurutnya, salah satu tokoh pendidikan ini memiliki konsep  Konmin tiga yaitu bahwa penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan asas kontinuitas, konvergensi dan konsentris.

“Dalam arti proses pendidikan perlu berkelanjutan, terpadu dan berakar di bumi tempat berlangsungkanya proses pendidikan,”kata Ahmad Heryawan di Gedung Sate Bandung, Selasa (2/5)

Selain itu, Aher sapaan akrab Gubernur Jabar menjelaskan konsep Tripusat pendidikan, bahwa pendidikan hendaklah berlangsung di tiga lingkungan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Konsep ini harus saling berhubungan simbiosis tidak dapat dipisahkan satu sama lain di tiga lingkungan tersebut,”ucapnya.

Sementara, dalam hal kepemimpinan, lanjut Aher,  Ki Hajar Dewantara menerapkan konsep Laku Telu atau tiga peran yang dirumuskan frase bahasa Jawa yaitu Ingarso Sing Tulada, Ingmadya Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani yang artinya apabila di depan menberi teladan, di tengah memberi inspirasi atau ilham dan apabila di belakang memberi dorongan.

“Ketiga peran tersebut harus dilaksanakan secara seksama baik bergantian maupun serempak dalam sosok pemimpin yang utuh,”ucapnya.
Aher menegaskan adanya konsep laku telu perlu dihayati kembali oleh tenaga pendidik ketika dunia pendidikan mengalami krisis keteladanan dan praktek pendidikan tidak lagi menginspirasi.

“Gagasan Ki Hajar Dewantara menjadi acuan visi Presiden Jokowidodo di bidang pendidikan yang memiliki misi bahwa masa depan Indonesia tergantung dari peserta didik masa kini yang memiliki karakter dan akal budi yang kuat serta menguasai berbagai keterampilan hidup,”pungkasnya. (mat/ded)