Beranda SUBANG Himpaudi Cegah Kekerasana Terhadap Anak

Himpaudi Cegah Kekerasana Terhadap Anak

1056
0

SUBANG– Maraknya kekerasan anak di Kabupaten Subang, menjadi sebuah keprihatinan tersendiri khususnya bagi Himpunan Pendidikan Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Subang.

Untuk menekan angka kasus kekerasan terhadap anak, Himpaudi membuat program khusus bagi orang tua murid dan juga para pendidik yang ada di lingkungan Himpaudi.

Menurut Ketua Himpaudi Kabupaten Subang H. Ade Mulyana setidaknya ada dua program yang telah dilaksanakan oleh Himpaudi yaitu mengupayakan peningkatan profesionalisme guru dan lembaga dalam proses pembelajaran yang memenuhi holistik integratif.

“Karena dengan sistem pembelajaran PAUD yang profesional akan mencetak anak yang berkualitas dan berkarakter,” ujar Ade.

Kemudian, Di lembaga-lembaga Paud dalam wadah Himpaudi sudah menjadi keharusan untuk mengadakan parenting atau pendidikan orang tua minimalnya dua bulan sekali.

“Materinya yaitu memahamkan orang tua tentang cara yang benar menyayangi dan mendidik anak usia dini. Sehingga orang tua dalam menemani anak di rumah dapat mendidik dengan benar dan nyambung dengan apa yang didapatkan anak di sekolah,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan program tersebut angka kekerasan anak di Kabupaten Subang dapat menurun.” Saya kira, dengan dua pola inilah kekerasan anak akan dapat diminimalisir, holistik integratif dan pemahaman orang tua cara mendidikn anak yang baik dan benar,” katanya.

Selanjutnya, persoalan kekerasan terhadap anak yang kerap terjadi, menurutnya banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Tetapi substansinya ada dua hal, yaitu persoalan sosialisasi dan penegakan hukum juga persoalan kesadaran stakeholder akan pentingnya memperhatikan serta mendidik anak dengan baik.

“Pemahaman masyarakat akan hukum untuk melindungi anak, ditambah dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat harus sebanding lurus dengan pola pendidikan anak yang baik, sehingga menciptakan generasi berkarakter,” tukasnya. (dan/ded)