Beranda EDUKASIA Harus Lebih Dekat dengan Siswa

Harus Lebih Dekat dengan Siswa

107
0

SUBANG-Aip Rahmat SPd, seorang guru yang dikenal galak. Siswa pun takut padanya. Ia pun mengakui itu. Namun kini tak lagi galak sebagaimana diakui oleh guru bahasa Indonesia SMAN 3 Subang itu.

Dengan menjadi Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Subang, ia mengaku tak boleh galak-galak kepada siswa. Sebagai kesiswaan, tentunya harus lebih dekat dengan siswa.
“Kalau dulu itu, boleh lah galak. Galak di sini untuk mendidik siswa ya. Kalau sekarang, tidak boleh galak-galak. Mendidik siswa dengan cara pendekatan,” kata Aip Rahmat kepada Pasundan Ekspres, Selasa (1/8).

Dulu ketika ada siswa yang melanggar aturan guru bisa saja mencubit siswa. Tapi sekarang kata dia, hukuman tidak boleh seperti itu. Menurutnya, zamannya sudah berbeda. Kalau melakukan itu seperti mencubit, bisa-bisa kena HAM.
“Kalau ada siswa yang melanggar aturan ya, dihukumnya yang mendidik saja seperti dihukum membuat sajak, puisi atau menulis apapun yang bersifat keilmuwan. Itu kan hukuman yang mendidik,” jelasnya.

Dia mengatakan, mendidik siswa tidak harus dengan kekerasan. Melainkan dengan cara lain yang pada intinya siswa bisa berprilaku yang baik sesuai aturan di sekolah.
“Bicara yang lembut kepada siswa, namun harus bisa membuat siswa jera agar tidak melakukan pelanggaran di sekolah,” kata guru yang aktif sebagai pelaku seni ini.(ysp)