Beranda HOME Hari Kedelapan, Lima Nelayan Hilang Belum Ditemukan

Hari Kedelapan, Lima Nelayan Hilang Belum Ditemukan

20
0

SUBANG-Memasuki hari kedelapan, 5 orang nelayan asal Blanakan yang tenggelam di laut lepas hingga saat ini belum ditemukan. Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Subang dalam waktu dekat akan mengunjungi rumah para korban untuk memastikan kondisi terkini.

Kasie Pembinaan Nelayan DKP Kabupaten Subang, Andriana Lesnanda memastikan, para nelayan yang hilang merupakan warga Kecamatan Blanakan. Mereka terdiri dari Safri, Dikin, Tatang, Udin dan Untung.
“Mereka masih belum bisa dipastikan tewas atau tidaknya. Maka dari itu kita akan melakukan kunjungan ke rumah para nelayan yang hilang tersebut,” ujar Andriana.
Masih menurut Andriana, para nelayan yang hilang sudah masuk dalam anggota koperasi nelayan di Blanakan. Selain itu, pemilik kapal pun sudah memberikan uang santunan kepada para korban dengan totalnya Rp10 jutaan. Santunan diberikan karena para korban tidak tercover asuransi nelayan, dengan alasan mereka bekerja di kapal ukuran 20 GT.

Dikatakan Andriana, pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan BPJS Ketenagakerjaan agar para nelayan bisa tercover asuransi dengan biaya premi ditanggung juragan kapal.
“Kita usulkan agar masuk ke BPJS Ketenagakerjaan. Akan kita sosialisikasn kepada sekitar 500 juragan kapal di Kabupaten Subang,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, E Kusdinar mengatakan pihaknya sudah berkali-kali mengimbau para nelayan agar dalam kondisi cuaca ekstrim untuk tidak melaut karena sangat membahayakan keselamatan.
“Sudah kita imbau karena angin barat ini sangat riskan buat melaut,” pungkasnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, cuaca ekstrim mengakibatkan KM Mekarjati 03 yang berisi 11 orang terbalik pada tanggal 30 November 2017 lalu, usai dihantam ombak pada bagian lambung kiri saat melintasi perairan Obor atau koordinat S 05°-59 – E 107°-36′.

Akibat kejadian tersebut, 5 orang dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian petugas Polairud dan tim SAR gabungan. Sementara 6 korban lainnya telah diserahkan pada pihak keluarga dalam kondisi selamat.(ygo/din)