Beranda KARAWANG Harga Bumbu Masak Melonjak Naik

Harga Bumbu Masak Melonjak Naik

67
0
: Harga rempah-rempah di Pasar Johar melonjak naik. Kenaikan terjadi sejak di Pasar Induk.

KARAWANG-Empat hari puasa Ramadan, harga sejumlah bahan rempah di Kabupaten Karawang mulai melonjak naik.

Para pedagang Pasar Johar mengaku kenaikan bumbu masak ini bukan terjadi akibat banyaknya permintaan. Namun, kenaikan harga sudah terjadi disejumlah pedagang di pasar induk.

Seperti diakui pedagang rempah Pasar Johar, Satrio Nugraha menyebutkan pesanan rempah dari pelanggan pada bulan ramadan tidak mengalami lonjakan, justru mengalami penurunan.
Ia mengatakan, penurunan pelanggan justru terjadi karena banyaknya masyarakat yang beralih kepada bumbu masak atau rempah kemasan secara instan.

“Harga naik, bukan karena pesanan ramadan. Ini memang dari pasar induknya sudah mahal. Justru karena banyak yang pake bumbu kemasan, rempah-rempah berkurang pelanggannya, ” kata Satrio kepada Media Indonesia, kemarin.

Satrio mengatakan saat ini harga rempah seperti jahe Rp12.000 perkilogram dari sebelumnya Rp9.000 perkilogram. Kemudian, untuk harga kencur Rp18.000 perkilogram dari sebelumnya Rp6.000 perkilogram. Lanjutnya, untuk harga Rp8.000 perkilogram dari sebelumnya hanya Rp7.000 perkilogram.

“Tentu kita menyesuaikan harga dengan pembelian yang ada di pasar induk. Ketika harga mengalami kenaikan di pasar induk, maka pedagang akan menyesuaikan itu, ” katanya.(aef/tra)