Beranda BISNIS Harga Ayam Potong Naik

Harga Ayam Potong Naik

64
0

Tradisi Munggahan, Permintaan Meningkat

PURWAKARTA-Memasuki H-1 Bulan Suci Ramadan, harga ayam potong di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta melambung, yakni berada di kisaran harga Rp38 ribu hingga Rp40 ribu rupiah per kilogram. Ada pun harga sebelumnya rata-rata berada pada Rp35 ribu, dengan kata lain kenaikannya mencapai Rp3.000 sampai dengan Rp5.000.

Kenaikan harga ayam potong ini dipicu meningkatnya kebutuhan ayam potong di masyarakat. Hal ini mengacu pada tradisi munggahan yang kerap dilakukan masyarakat menjelang Ramadan.

Menurut salah seorang pedagang ayam potong Nanah mengatakan, kenaikan ini sudah terjadi sejak 3 hari lalu. “Awalnya kenaikan rata rata ada di kisaran Rp1.000 hingga Rp1.500 rupiah per kilo gramnya. Tapi sekarang menyentuh Rp3.000 sampai Rp5.000 per kilogram. Maklum permintaan semakin tinggi, kan pada munggahan,” ujarnya.

Meski harga ayam potong melambung di pasar tradisional di kabupaten purwakarta, tetapi untuk harga berbagai jenis sayur mayur masih stabil, termasuk harga daging sapi yang masih normal di kisaran Rp110 ribu per kilogram.

Salah seorang pembeli asal Kampung Upas, Nagri Kidul, Yunita menyebutkan, kenaikan harga ayam potong dinilainya wajar. “Ya namanya mau munggahan. Meski naik, tetap saja ramai pembeli. Untungnya harga sayuran dan daging sapi stabil,” ucapnya.(add/ded)