Beranda EDUKASIA Hanya 60 Persen Lulusan Melanjutkan Pendidikan

Hanya 60 Persen Lulusan Melanjutkan Pendidikan

92
0

SMAN 1 Tegalwaru Siapkan 10 Ruang Kelas untuk Siswa Baru

PURWAKARTA-Sebanyak 236 siswa SMAN 1 Tegalwaru dinyatakan lulus tahun ini. Namun dari jumlah sebanyak itu, hanya 60 persen yang memastikan akan meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi. Sisanya, sekitar 40 persen lebih memilih bekerja.

Bidang Kesiswaan SMAN 1 Tegalwaru, Agus Sunarya S.Sos.I mengatakan, pipisnya perbedaan jumlah siswa yang meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi dan yang memasuki dunia kerja, diduga dipengaruhi kultur budaya dan ekonomi para orang tua siswa.
“Kultur budaya semi tradisional dan mayoritas petani membuat para orang tua mengalami hambatan pembiayaan anaknya untuk meneruskan pendidikan. Namun angka itu (60 %, red) dinilai mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, seiring terus bertambahnya kaum terpelajar dan meningkatnya ekonomi sekitar kawasan,” terang Agus.

Menyinggung mengenai rencana penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran 2018-2019, Agus menegaskan, SMAN 1 Tegalwaru menyiapkan sedikitnya 10 ruang kelas yang bisa menampung sekitar 360 orang siswa baru.(dyt/din)