Beranda PRO DESA Hama Tikus Ancam Lahan Pertanian

Hama Tikus Ancam Lahan Pertanian

21
0
DADAN RAMDAN / PASUNDAN EKSPRES PENELITIAN. Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Subang tengah meneliti daya tumbuh kembang padi hingga menjelang panen, cuaca buruk petani dihimbau waspada serangan OPT

Petani Diminta Lakukan Grobyogan

SUBANG– Dinas Pertanian Kabupaten Subang mengimbau petani melakukan grobyogan untuk menanggulangi hama tikus. Pasalnya, memasuki musim penghujan, hama tikus banyak ditemukan di beberapa lahan pertanian. Pemerintah tak ingin petani kembali mengalami gagal panen.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Subang, Asep Heryana mengatakan saat musim tanam lalu, petani dihadapkan oleh hama kerdil yang menyebabkan gagal panen. Namun kali ini petani harus mengantisipasi hama tikus.

“Dalam pertanian, musim penghujan sangat dinanti petani. Karena lahan pertanian menjadi bagus untuk ditanami. Namun yang perlu diwaspadai adalah hama tikus yang sering menyerang pada musim penghujan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta petani untuk melakukan grobyogan guna menanggulangi hama tikus tersebut. Dinas Pertanian juga akan mengikutsertakan 199 penyuluh pertanian untuk mendampingi petani di 253 desa.

“Kita ada 199 penyuluh pertanian untuk mendampingi petani dalam memberantas hama tikus. Satu desa ada satu atau dua penyuluh tani. Apalagi Subang memiliki 84. 750 hektare lahan pertanian yang perlu penanganan khusus,” jelasnya.

Sementara itu, petani asal Dusun Jabong, Adih, 51, mengatakan hama tikus banyak merusak batang padi karena dimakan oleh tikus tersebut. Selain itu, tikus juga memakan bakal buah padi yang sedang berkembang.

“Biasanya memakan batang dan bakal buah padi yang mau berkembang. Tapi saya sudah mengantisipasi hal tersebut agar padi tidak diserang oleh hama tikus,” tandasnya. (ygo/tra)