Beranda SUBANG Hadapi Porda, Anggaran KONI Minim

Hadapi Porda, Anggaran KONI Minim

83
0

SUBANG-Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Subang periode 2018-2022 resmi dilantik di Hotel Sari Alam Hot Spring and Resort Hotel Ciater Subang, Jumat (13/4).

Pelantikan berdasarkan anggaran dasar dan surat keputusan nomor 145 tahun 2018 tentang pengukuhan personalia pengurus KONI Kabupate Subang Masa Bakti 2018-2022. Di kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan naskah berita acara pelantikan antara Ketua Umum KONI Provinsi Jabar Ahmad Saepudin dan Ketua Umum KONI Kabupaten Subang Yoyo kustrio.

Ketua Panitia, Hayun Taufik menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua panitia, sehingga acara ini dapat terlaksana.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada KONI Jabar yang dapat melantik pengurus KONI Kabupaten Subang periode 2018-2022,” katanya.

Ketua umum KONI Kabupaten Subang, Yoyo Kustrio mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada para pengurus. Yoyo juga siap membawa Kabupaten Subang lebih berprestasi lagi di kancah olahraga nasional dan internasional. Tak lama lagi, KONI akan menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) di Bogor. Yoyo bersama pengurus siap berbakti kepada Kabupaten Subang agar dapat meraih banyak prestasi.

“Kesiapan kita, tugas KONI hari ini berat. Ada fenomena yang menyepelekan olahraga. Kami bersedih dan keterpurukan finansial. Tahun 2018, kami menghadapi Porda demi prestasi dan prestise Kabupaten Subang dengan ekspektasi warga untuk lebih berprestasi. Kami terkendala finansial, karena saat ini atlet dan pengelolaan olahraga era milenial ini berbeda dengan di zaman dulu dan urusannya butuh finansial. Kami bersedih dengan minimnya anggaran APBD Subang terhadap olahraga, kami berharap bisa menambah anggaran bagi olahraga Kabupaten Subang,” terangnya.

Berkaca dari sejarah, Yoyo menuturkan, Ir Soekarno di moment Asian Games 1966 pernah mengatakan, ‘dengan olahraga kita bisa menguasai dunia, menundukkan dunia’. Ada beberapa negara adikuasa yang mereka lebuh dahulu menguasai olahraga sebelum menjadi negara adikuasa. “Kabupaten/kota harus berprestasi di bidang olahraga termasuk Kabupaten Subang, agar dikenal dan menjadi jawara di bidang olahraga,” tegasnya.

Hadir sejumlah pejabat Pemkab Subang dan perwakilan Kodim 0605 serta Polres Subang, pengurus KONI Jabar serta tamu undangan lainnya. Nampak hadir Ketua PB Muaythai Jabar Evi Silviady dan tokoh masyarakat olahraga H. Dedi Junaedi, serta sejumlah perwakilan KONI kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.
Ketua KONI Jabar, Ahmad Saepudin yang diwakili Wakil Ketua I KONI Jabar, M Budiana, mendorong agar olahraga di Kabupaten Subang bisa lebih maju lagi. Selain itu ia berharap pemerintah daerah dan DPRD mendorong finansial untuk kemajuan olahraga di masing-masing daerah.

“Bagi kami, Pak Yoyo bukan siapa-siapa. Pak Yoyo adalah senior kami. Mudah-mudahan KONI Subang bisa lebih mantap menatap PORDA Jabar di Bogor. KONI Jabar juga tidak memandang sebelah mata Kabupaten Subang dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga,” ungkapnya.

Budiana juga menegaskan, pondasi awal Pemkab dan DPRD perlu melihat UU Olahraga Nasional. “Tidak ada alasan, kepala daerah tidak mendukung olahraga melalui KONI setempat. Ini harus menjadi perhatian kepala daerah dan DPRD setempat,” tegasnya.

Sementara itu Plt Bupati Subang, H Ating Rusnatim mengapresiasi upaya yang dilakukan KONI Subang dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Subang. Mudah-mudahan ada jalan keluar atas keluhan KONI mengenai minimnya finansial dalam mengahadapi Porda Bogor. “Kami akan berupaya meningkatkan anggaran untuk Porda dan mengajak DPRD untu mendukung KONI yang akan berjuang membawa nama Kabupaten Subang berlaga di tingkat Jawa Barat. Ini harus didukung, karena pertaruhan nama baik Kabupaten Subang,” katanya.

Mewakili Pemkab Subang, Ating mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pengurus yang telah dilantik beserta jajarannya. Ia berharap KONI Subang menjadi kebanggaan untuk berprestasi baik di tingkat Jawa Barat maupun di tingkat Nasional. “Kita tingkatkan lagi kerjasama antara KONI dan Pemkab Subang, untuk dapat mengantarkan altet berprestasi,” tandasnya.

Usai pelantikan pengurus KONI Kabupaten Subang, dilanjutkan dengan Rapat Kerja (Raker) 2018 yang diikuti seluruh cabor di Kabupaten Subang. Acara yang bertemakan “SUBANG JUARA 2022” ini guna mempersiapkan Porda Jabar di Bogor 2018 dan menjadi tuan rumah Porda 2022.(vry)