Beranda EDUKASIA Guru SLB Dibekali Keterampilan Tata Kecantikan

Guru SLB Dibekali Keterampilan Tata Kecantikan

107
0
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES PELATIHAN: Dua orang pelatih Fatyawati (kanan) dan Tuti Sri Mastuti (kiri) membimbing guru-guru SLB untuk keterampilan tata kecantikan rambut dan tata kecantikan kulit, di LKP Maharani, kemarin.

SUBANG-Sebelum siswa berkebutuhan khusus mendapatkan keterampilan tata kecantikan rambut dan tata kecantikan kulit, guru-gurunya terlebih dahulu harus dilatih.
Itulah yang kini tengah dilakukan sebanyak 10 orang guru SLB di Subang. Mereka tengah mendapatkan pelatihan keterampilan tersebut di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Maharani Subang, dari pertengahan Agustus hingga September.

Setelah mereka berhasil menguasai keterampilan dan mendapatkan sertifikat, barulah boleh mengajar siswa-siswinya di sekolah.

Mereka dibimbing langsung oleh dua orang yang ahli di bidangnya yakni Fatyawati (Fetti’ Salon) dan Tuti Sri Mastuti sebagai Pimpinan LKP Maharani.

Mereka menjelaskan, pada saat proses pembelajaran semua peserta pelatihan mendapatkan dua materi yakni tata kecantikan rambut dan tata kecantikan kulit.
Namun pada saat ujian nanti untuk mendapatkan sertifikat, dibagi menjadi dua kelompok yakni lima orang harus benar-benar menguasai keterampilan tata kecantikan rambut dan lima orang lagi menguasai tata kecantikan kulit.
“Jadi semua kami ajarkan, yang nanti akan diujiankannya tata kecantikan rambut pun kami ajarkan tata kecantikan kulit,” kata Fatyawati kepada Pasundan Ekspres, ditemui di LKP Maharani Jalan Kihajar Dewantara Perum Pondok Gede, Kelurahan Dangdeur, Subang.

Selama melatih guru-guru tersebut, kata dia, tidak begitu kesulitan. Sebab mereka sebagai pendidik, lebih tahu bagaimana dia belajar.
“Mereka tahu cara mengajar, berarti tahu bagaimana belajar. Jadi tidak terlalu sulit kami mengajarnya,” ungkapnya.

Tuti Sri Mastuti berharap agar guru-guru yang sudah mendapatkan keterampilan tersebut bisa mengajarkan kembali kepada siswa-siswinya dengan baik.
“Kami sangat bangga ketika apa yang kami ajarkan dapat bermanfaat bagi orang lain, terutama ini bagi anak-anak berkebutuhan khusus,” ungkapnya.
Harapan lebih jauhnya, siswa berkebutuhan khusus bisa membuka usaha yang bergerak keterampilan tata kecantikan rambut dan tata kecantikan kulit.(ysp/epl)