USEP SAEPULLOH/PASUNDAN EKSPRES AKIBAT KEKERINGAN: Warga mengambil air sungai yang jaraknya ratusan meter dari rumah.

KARAWANG-Sudah lebih satu bulan, warga Desa Kertasari Kecamatan Pangkalan mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sebagian warga harus berjalan 200 sampai 500 meter untuk mengambil air sisa sungai yang juga mengering.

Salah seorang warga Kampung Nanggerang, Desa Kertasari, Ahmad Aziz mengaku, kekeringan sudah terjadi lebih dari satu bulan. Sejumlah sumur yang biasanya digunakan untuk mengambil air, kondisinya mengering. Akibatnya, hampir sebagian warga terpaksa memanfaatkan air sisa sungai yang juga sudah mengering.
“Kami terpaksa mengambil air sisa sungai yang mengering untuk minum, mandi dan mencuci. Sebab semua sumur sudah mongering,” katanya, Senin (4/9)
Dikatakan Ahmad, tidak hanya untuk minum dan mencuci, warga juga memanfaatkan air sungai untuk berkebun dan bertani. “Sampai saat ini belum ada bantuan air bersih dari Pemkab Karawang, sehingga warga terpaksa bolak-balik sampai tiga kali untuk mendapatkan air dari sisa sungai yang mengering,” tuturnya.

Menurutnya, Desa Kertasari setiap tahunnya selalu mengalami kekeringan. Terutama jika terjadi kemarau. “Kami berharap ada pengerukan sungai agar air sungai, saat kemarau tidak ikut mengering,” harapnya.

Senada, warga lainnya, Asep mengaku harus mengambil air dari sungai dengan berjalan 500 meter. Alasannya, jarak dari rumahnya ke sungai cukup jauh. “Biasanya sore hari kami mengambil air dengan menggunakan ember untuk memenuhi air yang digunakan untuk minum, mandi dan mencuci,” katanya.

Ia menambahkan, harusnya pemerintah peka terhadap kondisi kekeringan ini. Sebab setiap tahun kejadian ini terus terulang. Namun, sampai saat ini belum ada solusi dari pemerintah daerah.
“Kami berharap ada solusi permanen dari pemerintah, bukan hanya memberikan air bersih saja ketika kekeringan,” tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Teddy Rusfendi Sutisna mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan BPBD untuk membuat Satgas untuk menangani kekeringan, yang tugasnya bisa membantu warga yang mengalami kesulitan air bersih.
“Jika ada laporan, maka satgas yang dibuat BPBD akan langsung mengirim air bersih ke lokasi kekeringan,” katanya.(use/din)