Beranda KARAWANG Gepeng dan Satpol PP Terlibat Kejar-kejaran

Gepeng dan Satpol PP Terlibat Kejar-kejaran

26
0

KARAWANG-Puluhan gelandangan dan pengemis (gepeng) terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Sosial (Dinsos) di sekitar alun-alun kota Karawang, Kamis (9/8) malam.

Razia sempat diwarnai aksi kejar-kejaran sebelum akhirnya petugas Satpol PP berhasil mengamankan sejumlah gelandangan dan pengemis. Puluhan gelandangan dan pengemis yang berhasil diamankan langsung di gelandang ke Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Karawang.

Gelandangan dan pengemis dan pengamen yang berhasil diamankan ini biasa mangkal di seputar wilayah kota Karawang. Mereka biasa berkumpul dan tidur di taman alun-alun kota Karawang setelah beroperasi siang hari.

Saat mereka sedang asyik berkumpul tersebut, melihat kedatangan petugas Satpol PP dan Dinsos. Melihat banyak petugas Satpol PP dan Dinsos, mereka sontak berlarian kocar-kacir ke berbagai arah. Petugas Satpol PP langsung mengejar dan mengamankan mereka yang tertangkap.

Namun, banyak juga gelandangan, pengemis dan pengamen yang lolos dari kejaran petugas karena melarikan diri ke pemukiman penduduk.
Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial, Apep mengatakan, razia kali ini melibatkan petugas Dinsos dan Satpol PP. Tujuannya untuk membersihkan alun-alun kota dari pengemis, gelandangan dan pengamen. Keberadaan mereka saat ini, kata Apep, dianggap meresahkan masyarakat sehingga perlu dilakukan penertiban.
“Kita tertibkan karena sudah banyak keluhan masyarakat dengan keberadaan mereka di alun-alun ini. Kita tertibkan lokasi alun-alun, dan mereka juga akan kita lakukan pembinaan,” katanya.

Menurut Apep, tidak hanya di alun-alun kota saja, operasi penertiban juga dilakukan di seputar kota Karawang, meliputi trafick light By Pass, GOR dan sepanjang jalan Tuparev.
“Dengan adanya operasi penertiban ini, kita harapkan akan tercipta kondusifitas di wilayah Karawang terutama di perkotaan,” katanya. (aef/din)