Beranda EDUKASIA Gelar Workshop Penulisan Fiksimini

Gelar Workshop Penulisan Fiksimini

98
0

DKP Peringati Hari Bahasa Indung se Dunia

KARAWANG – Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Indung sedunia yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang menyelenggarakan Workshop Menulis Fiksimini Bahasa Sunda, Selasa (6/3) di Pendopo Disparbud, Alun-alun Karawang.

Peserta merupakan guru-guru Bahasa Sunda se-Kabupaten Karawang yang tergabung dalam MGMP Bahasa Sunda. Selain itu, diikuti pula oleh perwakilan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Singaperbangsa Karawang.

Pada sambutannya H. Okih Hermawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyatakan Workshop Menulis Fiksi Mini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pelestarian Bahasa Indung dan Pemartabatan Bahasa Indonesia yang merupakan kegiatan tahunan Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang untuk melestarikan dan mengembangkan Bahasa, Sastra dan Aksara Sunda.

Agenda selanjutnya akan segera dilaksanakan yaitu Lomba Menulis Fiksi Mini untuk siswa/i SMP, SMA dan Mahasiswa dan Lomba menulis Aksara Sunda untuk siswa SD dan umum. Tak luput hadir sebagai narasumber dalam Workshop Menulis Fiksi Mini, Kang Ari Andriansyah, seorang penulis fiksimini dan puisi Bahasa Sunda dari Bandung, Kang Darpan, penulis fiksimini dari Garut dan Abah Sajang, penulis fiksimini dari Karawang. Workshop mengupas secara gamblang cara-cara menulis fiksimini dengan moderator Bapak Uus Rustandi.

Dalam pernyataannya pada sambutannya Kepala Dinas Kebudyaan dan Pariwista Selaku panitia penyelenggara kegiatan ini merupakan salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan Bahasa, sastra dan Aksara Sunda yang saat ini di Kabupaten Karawang mulai menurun penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, Bahasa Sunda sudah menjadi Kurikulum di Sekolah-sekolah Dasar, SMP, SMA, dan SMK swasta maupun negeri.

H. Okih Herwawan, menyampaikan bahwa Disparbud telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tujuan utamanya untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah. Beberapa agenda besar untuk mengangkat Kebudayaan Kawarang telah dijadwalkan, salah satunya yaitu Festival Goyang Karawang tingkat Nasional Tahun 2018 yang akan diikuti oleh beberapa perwakilan provinsi di Indonesia. “Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan tugas besar bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang yang harus mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Karawang,” jelasnya. (rls)