Beranda SUBANG Forum BPD Ingatkan Kades Soal Dana Desa

Forum BPD Ingatkan Kades Soal Dana Desa

90
0
DADAN RAMDAN / PASUNDAN EKSPRES DISKUSI: Ketua Forum Komunikasi BPD Kabupaten Subang, Imanudin bersama jajaran saat menemui Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih membahas soal penguatan tufoksi BPD terkait pengawasan dana desa.

BINONG– Pengelolaan Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat kepada desa harus sesuai dengan tujuan utama, karena dana yang dikucurkan tidaklah sedikit. Oleh karenanya setiap elemen masyarakat yang berada di desa harus memiliki peran guna bersama-sama mengawasi penggunaan dana desa tersebut.

Ketua forum komunikasi BPD Kabupaten Subang, Imanuddin mengatakan peran aktif dari masyarakat sangat diperlukan, bukan saja untuk mengawasi tetapi juga untuk memberikan masukan kepada pemerintah desa, “Warga harus berperan mengawasi Dana Desa,” kata Imanuddin.

Menurut Imanuddin, untuk menghindari masalah dikemudian hari dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa ini harus ada transparansinya. Karena dengan begitu masyarakat secara langsung mengetahui apa yang menjadi program kegiatan pembangunan fisik dan non fisik dari Dana Desa.

Setaeah kedua hal itu dilakukan tidak perlu ada kehawatiran bagi Pemdes selama pengelolaan dan penggunaan dana desa tidak menyalahi aturan.

” Jadi kades yang pakai aturan tidak usah khawatir, karena semua kegiatan dan alokasi anggaran bisa dipertanggunjawabkan dan transfaran”, tandasnya.

Dengan demikian harapan dari pemerintah pusat khususnya Kementrian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan terealisasi, sehingga kesejahteraan rakyat akan semakin dirasakan manfaatnya dari adanya dana desa tersebut.

Masyarakat umum akan mengetahui penggunaan serta pengelolaan dari dana desa tersebut, “Pengelolaan DD harus transparan,” pungkasnya.(dan/tra)