Beranda EDUKASIA Ekskul Taekwondo SMK Al-Munawaroh Berprestasi Tingkat Nasional

Ekskul Taekwondo SMK Al-Munawaroh Berprestasi Tingkat Nasional

27
0
DADAN RAMDAN / PASUNDAN EKSPRES BERPRESTASI: Puluhan siswa SMK Al-Munawaroh yang ikut ekskul tengah memperlihatkan jurus dan teknik beladiri Taekwondo di lapangan Desa Sukasari.

Siap Kirimkan 2 Atlet ke Malaysia

SUKASARI– SMK Al-Munawaroh kini bukan hanya mengembangkan ekskul pramuka dan paskibra saja. Tetapi juga mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler yaitu bela diri Taekwondo. Dari Taekwondo itulah sejumlah prestasi telah diraih.

Menurut Pelatih Taekwondo, Abdul Jaffar yang juga menjadi staf pengajar di SMK tersebut mengatakan bahwa dirinya mulai melatih secara informal Taekwondo sejak tahun 2000. Baru tahun 2016 menjadi ekskul di SMK Al Munawaroh yang diikuti siswa dari kelas X hingga kelas XII dengan jumlah baru mencapai puluhan orang.

“Kalau saya berprinsip tak mesti banyak yang ikut latihan, sedikit yang ikut tapi punya disiplin, tekad yang kuat untuk bisa membawa harum nama sekolah dan daerah”, katanya.

Jadwal latihan sendiri setiap hari Sabtu dan Minggu pagi. Peserta dilatih hingga hapal setiap jurus perjurus dan naik tingkat dari sabuk putih, kuning, hijau hingga hitam. Bila menghadapi event latihan lebih diintensifkan.

“Berkat disiplin dan keuletan siswa di SMK itu telah banyak menorehkan prestasi tingkat regional dan nasional terakhir ikut pada event Taekwondo nasional di Yogyakarya meraih perunggu,” ungkapnya.

Rencananya dalam waktu dekat mereka akan pergi ke Malaysia pada Oktober pada Event Malaysia Open Taekwondo.
SMK Al-Munawaroh akan berangkat 2 orang atlet .

Abdul Jaffar sendiri selain pelatih juga menyandang sebagai wasit profesional Kyorugi dari Universal Taekwondo Indonesia Profesional. Ia juga sudah memiliki sertifikat sabuk hitam Dan III Kukkiwon Internasional.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al- Munawaroh Ucu Mulyati menuturkan bahwa pihaknya mengapresiasi guru yang juga menjadi pelatih Taekwondo, berkat kegigihannya melatih anak siswa bisa membawa harum nama baik sekolah.(dan/tra)