Beranda BANDUNG Dua Bulan Warga Cimenteng Kekeringan

Dua Bulan Warga Cimenteng Kekeringan

51
0
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES KEKERINGAN: Warga Kampung Cimenteng RT 01/11 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi mengantri air bersih yang dibagikan Polres Cimahi dan Kodim 0609 Kabupaten Bandung, kemarin.

CIMAHI– Kampung Cimenteng RT 01/11 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi dilanda kekeringan parah. Lebih dari dua bulan, warga sangat kesulitan mendapatkan air bersih.
Hanya sekadar untuk mandi, mereka terpaksa mencarinya ke berbagai sumber air yang masih tersedia.

Ketua RW setempat, Yayah Aisyah mengungkapkan, di wilayahnya terdapat sekitar 1.500 jiwa yang sangat membutuhkan air bersih. Dia menyebut, musim kemarau tahun ini mungkin yang terparah bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

“Kalau yang terdampak, banyak, ada ribuan jiwa. Tapi yang terparah dialami warga di RT 01, 02, dan RT 04,” ungkap Yayah, Minggu (17/9).

Di saat warga kesulitan mendapatkan air bersih, satu tangki air bantuan dari Polres Cimahi dan Kodim 0609 Kabupaten Bandung didatangkan ke wilayah Kampung Cimenteng, sebanyak 5.000 liter air dibagi rata kepada warga yang membutuhkan.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, bantuan air bersih tahap pertama ini disalurkan untuk enam titik lokasi di Kelurahan Cipageran yang mengalami krisis air bersih. “Totalnya, di sini ada enam wilayah yang terdampak krisis air bersih. Kami salurkan bantuan di wilayah-wilayah yang mengalami krisis air ini,” katanya di lokasi.

Menurut dia, selain di Kampung Cimenteng, kemungkinan besar masih ada wilayah lainnya yang juga mengalami krisis air. Untuk itu, pihaknya akan menyisir ke sejumlah wilayah lain yang diduga mengalami bencana yang sama. Dengan disalurkannya bantuan ini, diharapkan bisa mengetuk kepedulian pihak lain untuk melakukan hal serupa demi meringankan beban warga.

“Selama hujan belum turun, kita akan terus salurkan bantuan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Dandim 0609 Kabupaten Bandung Letkol Arh Andre Wira mengungkapkan, pemberian bantuan air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan ini juga merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI.

“Kami bantu permasalahan mendasar warga di sini, kebetulan, yang paling urgent saat ini adalah persoalan air bersih. Kami harap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang terkena krisis air,” beber Andre.(eko/ded)