Beranda EDUKASIA DPC LKP Sosialisasi Dapodikmas

DPC LKP Sosialisasi Dapodikmas

14
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES SOSIALISASI: DPC Forum Pengelola LKP Purwakarta menggelar Sosialisasi Dapodikmas LKP Kabupaten Purwakarta di LKP Java Hospitality School (JHS) Purwakarta Jalan Singawinata No. 111, Kecamatan Nagri Kaler, Selasa (5/12).

Seluruh LKP Wajib Melakukan Up Date

PURWAKARTA-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Purwakarta menggelar Sosialisasi Data Pokok Pendidikan Masyarakat (Dapodikmas) LKP Kabupaten Purwakarta di LKP Java Hospitality School (JHS) Purwakarta Jalan Singawinata No. 111, Kecamatan Nagri Kaler, Selasa (5/12).

Ketua Forum Pengelola LKP Purwakarta Jajat Sudrajat mengatakan, pihaknya sebagai mitra-Dinas Pendidikan Bidang Dikmas untuk kursus dan lembaga, memiliki tanggungjawab menyosialisasikan informasi terkait Dapodikmas.

“Sosialsiasi ini digelar dalam rangka meng-up date Dapodikmas. Sama seperti halnya dengan pendidikan formal SMA/SMK yang mengup-date Dapodik, kita juga sebagai lembaga informal seperti PKBM, LKP, PAUD juga harus meng-up date data melalui Dapodikmas,” ujarnya kepada koran ini.

Sosialiasi tersebut, sambungnya, ditujukan kepada seluruh LKP yang ada di Kabupaten Purwakarta. “Kita ingatkan seluruh LKP untuk meng-up date sesuai arahan pusat. Pasalnya, apabila tidak meng-up date di dalam Dapodikmas tersebut, maka lembaga tersebut NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)-nya akan dicabut dan seolah tidak diakui lagi,” kata Jajat.

Dijelaskannya, pendataan Dapodikmas ataupun profil LKP ialah untuk memantau perkembangan peserta didik yang ke depannya dapat dikembangkan melalui program-program LKP. “Melalui sosialisasi ini pula kita membahas cara pengisian Dapodikmas, mismulai dari cara login, penggunaan keyword, dan lainnya,” ujarnya.

Jajat menyebutkan, saat ini yang terdata di NPSN ada lebih dari 50 LKP namun yang betul-betul aktif hanya 30 persennya saja. “Karena itu, kami sebagai pengurus kembali melakukan cek dan ricek apakah lembaga tersebut akan menjalankan kembali aktivitasnya atau seperti apa,” kata dia.

Adapun batas waktu meng-up date Dapodikmas ditentukan hingga 25 Desember 2017 mendatang. “Jika tidak di-up date, otomatis lembaga tersebut tidak diakui lagi. Ini semacam eliminasi atau seleksi alam,” ujarnya.

Untuk proses up date sendiri, sambungnya, bisa dilakukan di lembaganya masing-masing. “Ada banyak hal yang harus di-up date, di antaranya jumlah siswa, tenaga pendidik, dan lainnya. Dengan adanya kewajiban up date ini bisa mejadi penyemangat kembali geliat LKP. Bantuan pemerintah pun bisa tersalurkan tepat sasaran kepada lembaga yang aktif,” ucapnya.

Sementara itu, Executive Director Java Hospitality School Muchamad Agung Muharram mengatakan, pihaknya menyambut baik sosialisasi tersebut. “Dengan meng-up date Dapodikmas, kita bisa lebih profesional dan tertib administratif. Di samping itu, sosialisasi ini pula semakin menegaskan eksistensi DPC Forum LKP Purwakarta,” ujarnya.(add)