Beranda HEADLINE Distan Pamerkan Produk Asli Subang

Distan Pamerkan Produk Asli Subang

54
0

SUBANG-Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Subang menggelar pameran dan bazzar produksi pertanian di halaman kantor Dinas Pertanian Subang di Jalan KS Tubun, Jumat (11/8).

Kegiatan hasil olahan yang berbahan baku tanaman pangan itu dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Beberapa produk yang ditampilkan diantaranya kopi Subang, beras organik, cengkeh Subang, gula Subang, Teh Walini Subang serta beberapa makanan olahan.

Selain itu terdapat produk pakaian jadi yang diproduksi home industri binaan Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Subang, Ir Djadja Rohadamadja mengatakan, meski kondisi pertanian mengalami serangan hama, namun untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72, Dinas Pertanian menyelenggarakan pameran dan bazzar produk olahan pertanian.

Menurut Djadja, produk bazzar kali ini merupakan hasil produksi dari tanaman pangan di wilayah Subang, yang dikerjasamakan dengan pelaku usaha, industri dan home industri.

Dikatakan Djadja, ajang ini merupakan menjadi wahana promosi hasil pertanian Subang, terutama produksi olahan tanaman pangan yang belum begitu banyak dikenal di masyarakat.

Ke depan, kata Djadja, pihaknya akan terus membina gapoktan atau poktan yang memiliki hasil produksi olahan langsung.
“Tujuannya untuk dipromosikan di kalangan dunia usaha, sehingga pendapatan petani Subang lebih meningkat lagi,” katanya.

Sementara itu Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengatakan, luas pertanian Subang sekitar 85 ribu hektare. Namun semuanya belum terairi jaringam irigasi teknis. Sebagian besar masih mengandalkan hujan atau sawah tadah hujan.
Namun jika bendungan Sadawarna dibangun, lanjut Imas, semua lahan sawah di wilayah Subang bisa teraliri.
“Sebagai lumbung padi Nasional dan Jawa Barat, kita harus tetap mengedepankan bidang agraris. Oleh karena itu industri yang masuk ke Subang harus berwawasan lingkungan, terutama lahan sawah teknis,” ungkap Imas.(ADV/dan/din)

 

DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSRES
ENAK: Bupati Subang, Imas Aryumningsih mencicipi salah satu produk hasil olahan khas Subang saat mengunjungi bazar di halaman kantor Dinas Pertanian, kemarin.