Beranda EDUKASIA Disdikbud Gelar Pelatihan Pengembangan Kurikulun 2013

Disdikbud Gelar Pelatihan Pengembangan Kurikulun 2013

58
0
VINNY DINA RAHAYU/PASUNDAN EKSPRES WORKSHOP: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang menggelar pelatihan pengembangan kurikulum 2013 untuk guru-guru TK se-Kabupaten Subang di Gedung LIPI Subang.

Tingkatkan Mutu Guru TK

SUBANG– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang menggelar acara dalam rangka pengembangan Kurikulum 2013 untuk guru TK. Dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu kemarin bertempat di gedung LIPI Subang, acara tersebut diikuti 60 peserta dari 30 kecamatan di Kabupaten Subang. Setiap kecamatan mengirimkan 2 orang perwakilannya.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Warim, Z. Spd, Msi mengungkapkan, bahwasannya acara ini bertujuan untuk meningkatkan mutu guru TK untuk lebih profesional. Agar guru TK maupun Paud dalam proses membimbing siswa bisa lebih terarah dan tersusun yang sesaui dengan standar pendidikan usia dini secara nasional sesuai dengan amanah yang tertera pada Permendiknas No.146 tahun 2014 tentang K-13 untuk Paud dan Permendiknas No.137 tahun 2014 tentang standarisai Paud.

“Dalam usia 0 bulan hingga 6 tahun guru berperan sebagai tulang punggung bagi keberhasilan pembelajaran anak ke depannya, sehingga untuk menerapkan K-13 ini mutu guru harus diperkuat lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru TK Lilis Nina Spd, MM yang juga menjadi pembicara pada acara tersebut menambahkan Kurikulum 2013 atau K-13 ini sudah bukan menjadi hal baru, sehingga dengan diadakannya acara ini bermanfaat untuk lebih memperkuat TK maupun Paud dalam pembuatan program. Sehingga setelah mengikuti acara ini profesionalitas guru Tk pun harus lebih tingkatkan lagi.

Pemateri yang dihadirkan dalam acara tersebut diantaranya hadir dari pusat, tim pengembang kurikulum, praktisi, dan mitra yang masing-masing pemateri memaparkan 10 pedoman yang harus dikuasai guru TK mulai dari perencanan pembelajaran, pengelolaan kelas dan lainnya. Lilis juga menuturkan dua orang pilihan yang mengikuti acara ini juga diharapkan mampu menularkannya kepada guru lain.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini karena bermanfaat untuk meningkatkan mutu guru TK dan membantu dalam membuat program yang sesuai dengan Kurikulum 2013, tak lupa juga saya ucapan terimaksaih kepada dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten subang dan seksi kurikulum dan penilaian sebagai penyelengara,” ungkapnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Ketua Seksi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang atas perhatian dan kepedulian pemerintah daerah terhadap pendidikan usia dini di Kabupaten Subang. (vny/epl)