Beranda EDUKASIA Didik Mahasiswa Jadi Relawan Pajak

Didik Mahasiswa Jadi Relawan Pajak

111
0

SUBANG-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja (Stiesa) bekerja sama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Barat II (Kanwil DJP Jawa Barat II), menyelenggarakan pelatihan relawan pajak, kemarin (12/2) di Kampus Stiesa.

Peserta yang menjadi relawan, merupakan 54 mahasiswa dari program studi akuntansi yang tergabung dalam Tax Center Stiesa. Relawan pajak tersebut nantinya akan bekerja sama dengan KPP Pratama Subang untuk membantu wajib pajak orang pribadi dalam melaporkan SPT Tahunan.
“Telah dibuat MOU antara Stiesa dan Kanwil DJP Jawa Barat II, diharapkan ke depannya mahasiswa dapat menggunakan kesempatan ini dengan baik,” ungkapnya.

Perwakilan Kanwil DJP Jawa Barat II Adilega Tanius menyebutkan, relawan merupakan orang yang tanpa pamrih membantu. Diharapkan dengan dibentuknya relawan pajak ini, pelaporan SPT khususnya di Kanwil DJP Jawa Barat ini dapat berjalan dengan baik.
“Dalam kesempatannya beliau juga menyampaikan bahwa selain di Subang juga akan dilaksanakan workshop pembekalan yang sama di beberapa perguruan tinggi yang mencakup wilayah DJP Jawa Barat II,” jelasnya.

Pelatihan yang disampaikan oleh tim dari Kanwil DJP Jawa Barat II, dimulai setelah disematkannya kartu nama relawan pajak dan penandatangan surat pernyataan oleh perwakilan mahasiswa.
Dalam workshop pembekalan, disampaikan materi mengenai tata cara pengisian SPT secara online dengan menggunakan e-filing, e-form dan e-billing. Rencananya relawan pajak ini akan membantu kegiatan pengisian SPT oleh wajib pajak pada bulan maret 2018.(ysp/ded)