Beranda HEADLINE Dibalik Perubahan Jam Kerja PNS Saat Bulan Ramadhan

Dibalik Perubahan Jam Kerja PNS Saat Bulan Ramadhan

67
0
YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES BERI ARAHAN: Plt Bupati Subang Ating Rusnatim memberi arahan kepada PNS saat apel pagi di depan kantor pemkab.

Tak Ada Alasan Malas, Tunda Kenaikan Jika Bolos

Mulai hari ini (Kamis, red), bertepatan dengan hari pertama bulan Ramadhan, jam kerja PNS di lingkungan Pemkab Subang mengalami perubahan. Perubahan jam kerja sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Memasuki bulan Ramadhan, PNS yang bekerja di instansi pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja atau Senin-Jumat, diharuskan masuk pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB dengan waktu istirahat 30 menit dari pukul 12.00. Sementara hari Jumat, masuk pukul 08.00 hingga 15.30. Istirahat diberlakukan dari pukul 12.00 hingga 12.30.

Sedangkan bagi instansi pemerintah yang memberlakukan enam hari kerja atau Senin sampai Sabtu, jam kerja yang ditentukan selain hari Jumat adalah pukul 08.00 hingga 14.00. Pegawai diberi waktu istirahat 30 menit dari pukul 12.00.

Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim mengatakan, meski dalam keadaan sedang berpuasa, tak ada alasan bagi PNS untuk bermalas-malasan bekerja. Ia berharap para PNS bisa tetap bekerja secara maksimal. Bahkan ia tak segan-segan menunda kenaikan pangkat PNS, jika yang bersangkutan kedapatan bolos saat hari kerja.
“Saya imbau PNS bekerja secara maksimal. Jangan jadikan bulan puasa menjadi alasan untuk berleha-leha,” ujar Ating, kemarin (16/5).

Sementara itu Sekretaris BKPSDM Subang, Suprayogi mengatakan, perubahan jam kerja PNS selama bulan Ramadhan ini berdasarkan Surat Edaran Kemenpan-RB Nomor: B.335/M.KT.02/2018 tertanggal 8 Mei 2018 yang diteken Menteri Asman. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah puasa bagi PNS beragama Islam.
“Pemberlakukan tersebut pada bulan puasa. Putusan Menpan ini harus dipatuhi oleh semua ASN (PNS),” jelasnya.(ygo/din)