Beranda KARAWANG Desa Wisata Sedari Dibangun Secara Terpadu

Desa Wisata Sedari Dibangun Secara Terpadu

46
0

KARAWANG-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Karawang menyatakan jika program pengembangan desa wisata Sedari sudah masuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk siap kunjung. Oleh sebab itu sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara terpadu membangun wilayah tersebut.

Kepala Disbudpar Karawang, Okih Hermawan mengatakan, program desa wisata Sedari sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu, dan program itu terus dilanjutkan khusunya untuk pembangunan infrastruktur jalan oleh Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang).

“Program desa wisata ini sudah masuk RPJMD dan pembangunannya dilakukan secara terpadu mulai dari infrastruktur jalan oleh PUPR, rutilahu oleh PRKP, kegiatan ekonominya di dorong oleh dinas koperasi dan lain-lain,” ujar Okih.

Okih mengaku tidak memiliki anggaran untuk pembangunan fisik, namun dengan pembangunan secara terpadu ini diharapkan bisa menjadi pilot projek kedepan agar pembangunan bisa dilakukan secara bersinergi.

“Kami tidak tahu anggaran untuk pembangunan desa wisata itu, sebab anggaran fisik dikerjakan oleh dinas lain, namun ketika sudah jadi kami yang akan mengelolanya,” katanya.

Menurut Okih, yang menjadi daya tarik wisata di desa Sedari adalah hutan mangrove, sebab itu sudah diakui oleh sejumlah wisatawan luar negeri yang pernah berkunjung kesana. Namun, kondisi infrastrukturnya yang belum siap, jadi saat ini sedang dibangun agar bisa menjadi destinasi wisata alam.

“Harus di tata sedemikian rupa agar bisa menarik wisatawan lokal maupun internasional,” katanya. (use/tra)