Beranda SUBANG Desa Rancasari Coret Beberapa Program Pembangunan

Desa Rancasari Coret Beberapa Program Pembangunan

41
0

Dana Desa Turun, Fokus Pembangunan Jalan

PAMANUKAN-Pemerintah Desa Rancasari tahun ini masuk fokus pada pembangunan jalan. Hal itu berdasarkan hasil APBDes yang telah ditetapkan, beberapa waktu lalu.
Sekretaris Desa Rancasari, Cartim mengatakan, pembangunan di desanya masih terfokus pada penyelesaian infrastruktur dasar.
“Masih tetap masih tetap ke infrastruktur desa. Poin utamanya pak kepala desa ingin menyelesaikan jalan-jalan desa untuk ditingkatkan kualitasnya,” kata Cartim pada Jabar Ekspres, kemarin (16/4).

Cartim menjelaskan, Kepala Desa Rancasari berkeinginan agar beberapa jalan lingkungan atau jalan gang bisa ditingkatkan kualitasnya dengan jenis kegiatan rigid beton.
“Kalau kualitasnya baguskan, umur dari bangunan itu juga bisa lama,” jelasnya

Cartim mengungkapkan, perbedaan antara jalan desa dengan jalan gang hanya pada ketinggian. Nantinya, untuk jalan gang, rigid beton dilakukan setinggi 10 cm serta tidak menggunakan besi. Selain itu, mutu mix beton yang digunakan masih sama, yaitu K-350, baik untuk jalan desa maupun jalan gang.
“Makanya disiasatinya dengan kualitas betonnya, nilai manfaatnya pun nanti akan lebih lama,” bebernya.

Selain itu, kata Cartim, kepala desa juga ingin ada jalan penghubung antar dusun yang lebih representatif. Ia menjelaskan, jalan penghubung itu mencakup Dusun Sarimukti dengan Dusun Rancasari serta Dusun Pangandagan dengan Dusun Sarimukti.

Namun perencanaan tersebut bukan tanpa kendala. Cartim berujar, kendala yang dihadapinya adalah pada penggunaan pagu indikatif tahun 2017. Sebab, pada kenyataannya, setelah turunnya Perbup tentang DD dan ADD, nilai anggaran yang didapatkanya menurun.
“Rancasari turun, tadinya dari sekitar Rp800-an juta jadi Rp700-an sekian. Kita turunnya Rp106 juta,” ungkap Cartim.

Hal itu menyebabkan keleluasaan pada penggunaan anggaran menjadi berkurang. Tidak hanya itu, turunnya anggaran berimbas pada pencoretan beberapa program pembangunan yang telah direncanakan sebelumnya. (ygi/din)