Beranda HEADLINE Dana Pilkades Serentak Diusulkan Rp1,5 Miliar

Dana Pilkades Serentak Diusulkan Rp1,5 Miliar

79
0
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES PERSIAPAN: Kabid Pemerintahan Desa Dispemdes Subang, Dadan Dwiyana memberikan keterangan soal Pilkades serentak di ruang kerjanya, kemarin.

SUBANG-Pemkab Subang hingga saat ini belum menentukan waktu pelaksanaan pilkades serentak. Namun demikian, pilkades di 23 desa tersebut ditargetkan akan dilaksanakan pada bulan Desember 2017.
“Tanggal tepatnya belum diputuskan. Nanti dalam waktu dekat akan diumumkan mengenai waktu pelaksanaannya setelah ada SK dari Bupati,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dispemdes Subang, Dadan Dwiyana kepada Pasundan Ekspres, kemarin (1/8).

Dadan mengusulkan pelaksanaan pilkades serentak pada hari Minggu, sebelum Hari Natal.
“Hari Minggu kami anggap tepat untuk pelaksanaan pilkades serentak,” ujarnya.

Penetapan waktu pilkades serentak harus dilakukan secepat mungkin. Alasannya, tahapan akan dimulai paling lambat akhir Agustus.
“Minggu kesatu atau minggu kedua seharusnya sudah ditetapkan. Sehingga di akhir Agustus bisa menjalankan tahapan,” ujarnya.

Agenda di akhir Agustus salah satunya yakni pembentukan panitia pilkades di tingkat desa.

Sementara itu, mengenai besaran anggaran pilkades serentak, kata Dadan, diusulkan sebesar Rp1,5 miliar. Sesuai jadwal tahapan yang sudah disusun, persetujuan biaya dilakukan di bulan September-Oktober.
“Mengenai pelaksanaan kami optimis bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Dadan melanjutkan, ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan jelang tahapan pilkades. Salah satunya yaitu membangun komunikasi dengan pihak keamanan, Polres Subang dan Kodim.
“Kami telah melaksanakan rapat kecil membahas soal keamanan pelaksanaan Pilkades,” pungkasnya.(ysp/din)