Beranda EDUKASIA Cintai Sastra dengan Berkarya

Cintai Sastra dengan Berkarya

130
0

Peringati Hardiknas, Mahasiswa STKIP Libatkan Pelajar SMA

SUBANG-Cintai sastra dengan berkarya. Ungkapan ini dianggap mewakili serangkaian acara Sayembara Karya Sastra se-Kabupaten Subang yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Subang, Sabtu (5/5) lalu.

Ketua pelaksana, Rosania mengatakan, acara yang melibatkan siswa SMA sederajat se-Kabupeten Subang ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).
Sedikitnya ada tiga kategori yang dilombakan, diantaranya membaca puisi, menulis cerpen dan putra-putri pesona batik.
“Acara ini dimulai pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Alhamdulillah lancar sesuai yang diharapkan, meskipun tidak semua sekolah mengirimkan, karena memang waktunya yang bersamaan dengan kegiatan di sekolah,” ungkap Rosania.

Rosania juga menyayangkan beberapa sekolah yang tidak bisa mengirimkan perwakilannya. Padahal, selain untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, tujuan acara ini untuk meningkatkan rasa cinta dan potensi pada bidang sastra.
“Cintai sastra dengan berkarya. Itu ucapan saya saat pembukaan acara,” sambungnya.

Menurut Rosania, secara pribadi ia sangat menyukai sastra, terlebih puisi. Rosania pun berharap dengan adanya acara ini akan membuat peserta semakin semangat untuk terus berkarya dalam bidang sastra.

Untuk lebih memeriahkan acara, HIMA Prosa STKIP Subang juga mengundang SMK Pertiwi Sukamandi untuk menampilkan seni kabaret. Pada akhir acara pun panitia juga membagikan door prize bagi mereka yang sudah menyampaikan kesan dan pesannya.

Kesan dan pesan terhadap acara tersebut pun sangat dari para peserta. Beberapa peserta, menurut Rosania, menyampaikan secara langsung diatas panggung tentang bagaimana kesan pesannya terhadap acara ini.
“Alhamdulillah, pesan dan kesan dari para peserta itu membuat panitia semakin semangat untuk membuat acara seperti ini lagi. Ada peserta pemenang lomba membaca puisi juara 1 perwakilan dari SMAN 1 Pagaden yang ingin acara sayembara karya sastra ini tetap ada setiap tahunnya,” tutupnya. (vny/din)