Beranda PRO DESA Camat dan Warga Kompak Bersihkan Drainase

Camat dan Warga Kompak Bersihkan Drainase

21
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES GOTONG ROYONG: Camat Jatiluhur Asep Supriatna dan Kepala Desa Bunder Dadang bersama warga bergotong-royong membersihkan drainase dan sampah yang ada di lingkungan Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur.

JATILUHUR-Camat Jatiluhur Asep Supriatna dan Kepala Desa Bunder Dadang tampak bergotong-royong berbaur dengan masyarakat membersihkan drainase dan sampah yang ada di lingkungan Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, atau tepatnya di sepanjang Jalan Pramuka sebagai salah satu titik yang kerap terkena banjir.

Adapun drainase atau saluran air, menjadi sasaran utama kerja bakti, pasalnya, drainase yang tersumbat sampah dan dedaunan kerap menjadi penyebab utama terjadinya banjir di daerah tersebut.

“Ini salah satu upaya kita untuk menanggulangi genangan air, serta kita harus memberi contoh agar warga di sini tidak lagi membuang sampah sembarangan dan menjaga saluran air tetap lancar,” kata Camat Jatiluhur Asep Supriatna, Jumat (17/11).

Dijelaskannya, kendala utama saat membersihkan drainase adalah banyaknya sampah yang menumpuk dan juga tersumbat oleh tanah. Hal ini pun diperparah karena hampir semua drainase ditutupi beton.

“Namun meski ada kendala, berkat gotong-royong pagi ini sudah selesai dibereskan. Kita bongkar beberapa beton yang menutup drainase supaya sampah bisa diangkat dan itu akan berfungsi sebagai bak kontrol ke depannya,” ujarnya.

Dirinya pun berharap kerja bakti dan gotong royong yang melibatkan warga ini bisa membuat drainase lancar dan sampah tidak lagi menumpuk. “Saya juga mengimbau kepada seluruh warga untuk menerapkan gerakan Lisa atau Lihat Sampah Ambil,” kata Asep.

Kegiatan gotong-royong ini, tambah Asep, merupakan agenda rutin yang dilakukan dua kali dalam seminggu. “Untuk menanggulangi genangan air di Desa Bunder, tahun depan rencananya akan dibuat sodetan untuk buangan air yang juga berfungsi untuk mengairi sawah,” ucapnya.(add/epl)