Beranda PURWAKARTA Calon Siswa Baru Berebut Sekolah Favorit

Calon Siswa Baru Berebut Sekolah Favorit

65
0

PURWAKARTA-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 di Kabupaten Purwakarta sudah dimulai sejak Senin (4/6) lalu. Sejumlah SMA dan SMK bahkan mulai dibanjiri para lulusan SMP dan MTs yang hendak mendaftarkan diri yang mereka kehendaki.

Sejauh ini belum terdengar adanya pungutan biaya pendaftaran dalam proses PPDB. Namun demikian, baik calon siswa baru maupun para orang tua calon siswa, belum merasa yakin betul biaya PPDB akan nihil sama sekali, mengingat pengalaman tahun sebelumnya.

Ahmad misalnya. Dia menggelengkan kepala saat ditanya berapa biaya pendaftaran siswa baru. “Gak bayar pak, tapi mungkin nanti kalau sudah diterima sebagai siswa baru, biasanya untuk seragam sekolah pasti bayar,” terangnya polos.

Ahmad dan sejumlah lulusan SMP dan MTs yang turut mendaftar masih harap harap cemas, apakah diterima di sekolah negeri atau tidak. “Pokoknya kita mah daftar aja dulu,” ungkapnya jujur.

Salah seorang guru SMKN 1 Sukatani yang namanya enggan disebutkan, membenarkan bahwa biaya pendaftaran PPDB tak dipungut biaya. “Gimana mau dimutif biaya, pendaftaran nanti yang menentukan diterima atau tidaknya calon siswa, bukan pihak sekolah yang tentukan, tapi Disdik Jabar,” terangnya.

Ditanya soal jumlah siswa yang akan terdaftar di SMKN 1 Sukatani, guru itu menyebut ada 12 kelas yang disiapkan. Satu kelas bisa menampung sekitar 36 peserta didik baru.

Tidak adanya kutipan biaya pendaftaran juga dilakukan panitia PPDB di SMAN 1 Tegal Waru. Di sekolah berlebel negeri ini pun dalam dua hari terakhir ini banyak diserbu calon peserta didik baru.(dyt/din)