Beranda BISNIS Calista Craft Manfaatkan Kain Flanel

Calista Craft Manfaatkan Kain Flanel

154
0

Mampu Raup Omset Rp5 Juta per Bulan

SUBANG- Dari sekian banyak industri kreatif yang berkembang di Indonesia, bisnis kerajinan tangan merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Prospeknya pun kian menjanjikan , pasalnya kerajinan tangan menjadi salah satu kebutuhan banyak orang baik untuk hadiah, kado, souvenir, maupun untuk disimpan sendiri.

Salah satu pelaku bisnis yang memanfaatkan bisnis yang satu ini adalah Yuniar Sumawati. Yuniar adalah warga asal Karang Anyar Barat Gang Pintu Darma RT.07 RW.04 Sukamandi Jaya, Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang. Dengan keterampilan yang dimilikinya secara otodidak membuat Yuniar serius mengeluti bidang ini.
“Usaha ini di mulai sejak tahun 2010 awalnya hobi suka bikin barang-barang craft buat di pake sendri. Lama kelamaan banyak yang suka dan mau beli, jadi saya coba buat ngembangin”jelasnya.

Yuniar memberinama Calista Craft pada bisnisnya tersebut dan dipasarkan melalui online. Dengan hasil kerajinan tangan yang lucu, unik, dan bervariatif rupanya cukup menarik perhatian para pengguna mediasosial. Calista Craft menyediakan aneka hiasan dinding, boneka wisuda dan profesi, souvenir pernikahan maupun ulang tahun, dan mahar hias.

Diakui Yuniar peminat hasil kerajinan tangannya tersebut cukup banyak bahkan hingga mencapai keluar Pulau Jawa seperti Aceh, Kalimantan, NTT dan Makasar. Sebagian besar kerajinan tangannya tersebut berbahan dasar kain flannel, dengan bantuan Ibu dan adiknya Yuniar memproduksi pesanan biasanya 5 hari sampai 2 minggu tergantung banyak nya orderan.
“kalau bicara masalah harga mulai Rp 70ribu sampai Rp 250ribu tergantung tingkat kerumitan.. untuk souvenir harga mulai Rp 2ribu sampai Rp 10ribu dengan minimal order 200pcs”ungkapnya.
Meskipun belum memiliki took offline diakui Yuniar usahanya ini sudah cukup menghasilkan omset yang mengiurkan. Omsetnya per bulan rata-rata Rp 5juta hingga Rp 7 jutaan tergantung moment, dan biasanya untuk akhir tahun ajaran sekolah untuk boneka wisuda untuk PAUD maupun TK dan setelah Idul Fitri maupun Idul Adha musim nikah omset bisa mencapai Rp 10juta. (vny)