Beranda PURWAKARTA Butuh Waktu 4 Tahun Tingkatkan PBB

Butuh Waktu 4 Tahun Tingkatkan PBB

112
0
H. Ade Sumarna SH Msi

PURWAKARTA-Camat Darangdan, H Ade Sumarna SH Msi mengaku membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk membenahi management berbasis kinerja guna mendongkrak perolehan target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sesuai yang diharapkan.
“Saya masih ingat, saat pertama bertugas di Kecamatan Darangdan, saat itu tahun 2013, pencapaian perolehan kutipan PBB kecamatan ini ada diperingkat 14 se-Kabupaten Purwakarta atau ketiga dari bawah,” terang Ade mengenang masa lalunya bertugas sebagai Camat Darangdan.

Dua tahun kemudian, kata Ade, tepatnya tahun 2015, peringkat perolehan PBB Kecamatan Darangdan naik ke posisi 7 dari 17 kecamatan yang ada. “Hasil evaluasi ada perbaikan peringkat. Saya pun terus bekerja sambil mencari titik kelemahan yang ada di internal dengan cara mengganti personel koordinator PBB yang kelihatanya sudah sepuh, diganti dengan personel muda. Lalu di tingkat desa, banyak penggantian RT/RW sejalan dengan penggantian kepala desa yang habis masa jabatanya. Kemudian pada tahun ke-4 atau tahun 2017, supaya kami berhasil dengan terus naik ke peringkat 2 tingkat kabupaten, posisi Kecamatan Darangdan berada satu level di bawah Kecamatan Campaka, saya pun merasa lega,” ujarnya.

Dari capaian target, lanjut Ade, perolehan PBB Kecamatan Darangdan senilai Rp1.59 miliar terkumpul Rp1.55 miliar atau 95 % lebih. “Ini suatu capaian cukup membanggakan kami, meski diakui masih ada sejumlah kendala teknis untuk capai target 100 %,” tuturnya.

Masih menurut Ade, berdasarkan laporan koordinator PBB soal teknis yang mengganjal, terjadinya penumpukan atau antrian di loket setor bank yang ditunjuk, dimana dalam sehari bank hanya mampu menerima setoran dengan baik sebanyak 20-30 wajib pajak, sehingga banyak warga atau petugas desa yang setor ke bank. “Bosan mengantri dan akhirnya terjadi kelambatan setor PBB, tapi hal ini sedang kita rembugan agar ada solusi,” tutup Ade.(dyt/din)