Beranda BANDUNG Budaya Sunda Bagian Kehidupan Warga Jabar

Budaya Sunda Bagian Kehidupan Warga Jabar

146
0

Duta seni dan budaya sunda, belum lama ini memperkenalkan budaya sunda terhadap wakil presiden Jusuf Kalla dan komisi VIII DPRRI di Jakarta.

Duta seni budaya H.R Taufik Shopiadi SE,MM,SH., mengatakan budaya sunda merupakan bagian kehidupan masyarakat Jawa Barat yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Makanya kami ingin memperkenalkan budaya sunda melalui pencak silat maupun debus, kami ingin padepokan usik buhun di kenal luas oleh masyarakat Jawa Barat maupun tingkat nasional dan Internasional,” kang Taufik. Kamis (1/3).

Di samping itu, kang taufik (sapaan akrabnya) selain memperkenalkan debus dan pencak silat, juga memperkenalkan seni jaipongan, reok, calung,

“Padepokan pusaka putih tanjungsari, padepokan bambu banten, padepokan usik buhun dan yang lainnya, adalah padepokan yang fokus pengembangan seni dan budaya Jabar,”tambahnya.

KangTaufik merasa bangga, apa yang di perjuangkan ketua umum usik buhun dalam membina anak-anak usia dini maupun tingkat dewasa mendapat sambutan hangat dari pemerintah.

“Apa yang di sampaikan kepada pak wakil presiden Jusuf Kalla, kami mendapatkan sinyal positif dari beliau,”sambungnya.

Kang Taufik mengatakan, wapres Jusuf Kalla berjanji akan menyampaikan maksud dan tujuan Duta seni hudaya sunda kepada leading sektor tetkait.

“beliau berjanji akan menyapaikan langsung keperintah lewat menteri pemuda dan olah raga, bahkan pak Wapres berjanji akan mengundang langsung usik buhun ke istana presiden dan memperkenalkan ke tingkat asia,” tandas Kan Taufik.(eko/tra)