Beranda PURWAKARTA BPJS-TK Lepas Mudik Gratis

BPJS-TK Lepas Mudik Gratis

93
0

Meringankan Beban Biaya Pemudik

PURWAKARTA-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Purwakarta sukses menggelar Mudik Bersama BPJS Ketenagakerjaan 2018. Program Mudik Gratis itu mengangkat tema “Kami Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan”, Sabtu (9/6).

Gelaran Mudik Gratis bersama BPJS-TK itu tercatat ada 750 peserta mudik, dengan angkutan sekitar 19 unit bis yang siap membawa para pemudik ke berbagai kota/kabupaten dengan tujuan ke tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung. 750 peserta mudik gratis tersebut dilepas langsung oleh Pj Bupati Purwakarta Mohammad Taufiq Budi Santoso di Taman Cerdas Surawisesa Purwakarta.

Dalam sambutannya, Assistant Deputy Director Bidang Operasional BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat Bambang Ken Harto mengatakan, Mudik Bersama BPJS Ketenagakerjaan 2018 dilaksanakan secara serentak di empat kota/kabupaten. “Empat kota/kabupaten itu adalah Purwakarta, Karawang, Bekasi, dan Kota Bekasi. Total peserta sebanyak 3.500 orang dan 90 unit bis,” ujarnya kepada Pasundan Ekspres saat ditemui di lokasi.

Bambang menegaskan, pihaknya tidak memungut biaya sedikit pun kepada para peserta mudik. “Hanya ada syaratnya, para peserta mudik ini harus terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata dia.

Senada disampaikan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan H Didi Sumardi SE. Pria yang dikenal dekat dengan kalangan ulama ini menyebutkan, pihaknya membekali para pemudik dengan perlengkapan sholat berupa sajadah dan makanan untuk berbuka puasa di jalan. “Khusus kepada para sopir bus sudah menjalani pemeriksaan tes urine. Insya Allah semuanya berjalan lancar, aman, nyaman hingga ke kota tujuan,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Purwakarta Mohamad Taufiq Budi Santoso mengapresiasi program BPJS Ketenagakerjaan wilayah Jawa Barat, khususnya cabang Purwakarta yang telah menginisiasi kegiatan mudik bersama. “Mudik ke kampung halaman untuk berLebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Melalui mudik gratis dengan sejumlah kota tujuan yang tersebar di tiga provinsi ini, pastinya sangat membantu beban biaya dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Taufiq.

Kedepan, sambungnya, jumlah kuota pesertanya bisa semakin bertambah. “Saya sangat mendukung kegiatan ini. Ini meringankan beban para pemudik. Kepada para pemudik saya ucapkan selamat mudik. Semoga selamat sampai tujuan,” ujarnya.

Secara khusus, Taufiq juga mengimbau kepada seluruh masyarakat pekerja, baik formal maupun informal, penerima upah atau pun bukan penerima upah untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Di internal pemda sudah ada arahan untuk meningkatkan kepesertaan, khususnya bagi Non PNS dan THL. Pun halnya dengan Kemenag dan Baznas Purwakarta, rencana awal bulan depan akan mendaftarkan 1.000 tenaga keagamaan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya.(opl/add/dan)