Beranda PURWAKARTA Besi Tua Bekas Turbin Jadi Spot Selvie

Besi Tua Bekas Turbin Jadi Spot Selvie

40
0

PURWAKARTA – Dua buah besi tua berukuran raksasa yang tergolek puluhan tahun kini dijadikan ajang berfoto ria sejumlah pengunjung taman wisata kera.

Posisi tergoleknya dua besi dengan berat diperkirakan puluhan ton itu, berada di pintu barat arah bendung utama yang bisa diakses pengunjung dari pintu masuk pos Satpam di Kampung Cilulumpang, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur yang mengarah ke terowongan PLTA Juanda Kabupaten Purwakarta.

Pepen salah seorang pengurus taman wisata kera yang juga pensiunan Perusahaan Jasa Tirta II (PJT II) menuturkan besi tua itu merupakan bekas suku cadang turbin pada pembangunan PLTA Juanda pertama.
“Yang berada di tempat itu diperkirakan sejak tahun 1958 silam,” jelasnya.

Turbin ini, dikatakannya, sepasang atas dan bawah saat berfungsinya dulu alat ini akan diputar oleh air terjun yang jatuh dari atas danau. Dari putaran turbin ini diteruskan dengan vanbel raksasa untuk menggerakan dinamo juga ukuran besar dimana mengahsilkan daya listrik puluhan mega watt.
“Untuk selanjutnya didistribusikan ke berbagai kota besar di pulau Jawa,” imbuhnya.

Karena ini merupakan barang langka dan turbin yang kini masih aktif digunakan tertutup bagi pengunjung wisata maka keberadaan besi tua ini menjadi menarik untuk diamati.
Untuk keamanan pihak PJT II sebenarnya membuat garis kuning di bawah besi tua itu. Hal tersebut dimaksudkan agar pengunjung dilarang menginjak garis tersebut untuk keamananan.
“Namun banyak yang tak hirau akan arti garis kuning sekitar besi raksasa itu,” pungkasnya. (dyt/epl)