ASEP IMAM MUTAQIN/PASUNDAN EKSPRES TARGET: Elin Suharliah Abubakar menargetkan empat besar di Porda Jabar usai pelantikan kepengurusan KONI KBB di Balai Gempungan, Senin (4/9).

NGAMPRAH – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bertekad untuk bisa mempertahankan di posisi empat besar di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat (Jabar) XIII tahun 2018 di Bogor. Hal itu berdasarkan hasil Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) beberapa waktu lalu.

Ketua Umum KONI KBB, Elin Suharliah Abubakar mengatakan untuk mencapai target itu, pihaknya kini sedang fokus membina para atlet. Untuk Porda nanti, KBB menargetkan bisa mengumpulkan 70 medali emas.

“Untuk bisa meraih posisi empat besar, kita harus mengumpulkan antara 60 sampai 70 medali emas,” kata Elin usai pelantikan kepengurusan KONI KBB masa bakti 2017-2021 di Balai Gempungan Lantai 4 Gedung B Komplek Pemkab Bandung Barat-Mekar Sari Kecamatan Ngamprah, Senin (4/9).

Dia menambahkan untuk meraih posisi empat besar tersebut tentunya tidak mudah. Karena KBB harus bersaing dengan daerah lainnya yang sama-sama mengincar posisi empat besar.

“Salah satunya Kabupaten Bandung, pada Porda mendatang yang dipastikan jor-joran untuk mengejar merebut posisi KBB,” ujarnya.

Meski demikian, kata Elin, pihaknya tetap optimis dengan target tersebut. Bahkan, untuk mematangkan persiapan, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap atlet-atlet dan pelatih yang akan berlaga di Porda mendatang.

“Kita evaluasi cabor mana saja peluang yang akan dapat emas. Jadi kami sudah terukur di posisi empat besar itu,” ucap istri Bupati Bandung Barat H.Abubakar ini.

Elin pun meminta dukungan semua pihak, selain KBB sukses meraih empat besar, juga siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porda XIV. Hal itu sebagai bentuk keseriusan untuk meraih posisi empat besar.

“Kami saat ini tengah mempersiapkan Tim Satuan Pelaksana (Satlak) dan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) supaya lebih fokus menghadapi Porda,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Bandung Barat H.Abubakar berjanji akan membantu target empat besar yang dicanangkan KONI KBB. Peran Pemda dalam soal ini antara lain dengan menyediakan anggaran untuk pembinaan para atlet serta pelatih.

“Kita juga akan membagi peran dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah-red), untuk mendukung KONI,” janjinya.

Sebagai bukti perhatian dari Pemda terhadap para atlet yang berprestasi, lanjut dia, selain diberikan bonus bagi peraih medali juga diangkat menjadi tenaga kontrak kerja (TKK).

“Kurang lebih ada 30 orang atlet berprestasi, kita angkat jadi TKK,” terangnya.

Pada kesempatan itu juga, pelantikan KONI KBB periode 2017-2021 tersebut dilaksanakan oleh Ketua Umum KONI Jabar Achmad Saepudin. Dalam kesempatan tersebut Achmad memuji keberhasilan KONI KBB yang telah menunjukan prestasinya dengan peningkatkan peringkat pada Porda.

“Peringkatnya terus naik. Karena KBB memang potensial dengan atletnya. Mudah-mudahan saja KBB juga bisa meningkatkan kembali olahraga negeri ini yang sedang terpuruk,” pungkasnya.(sep/ded)