Beranda KARAWANG Berharap Revisi Perda Pertahankan Lahan Pertanian

Berharap Revisi Perda Pertahankan Lahan Pertanian

75
0
USEP SAEPULLOH/PASUNDAN EKSPRES MAKIN MENYEMPIT: Seorang petani sedang mengontrol sawahnya dengan latarbelakang pembangunan sebuah gedung bertingkat.

KARAWANG-Dinas Pertanian Kabupaten Karawang meminta agar revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang Tata Ruang Wilayah (RTRW) Karawang tetap menjaga keberadaan areal pertanian beralih fungsi ke nonpertanian.
“Memang akan direvisi Perda RTRW. Kami beberapa kali menghadiri rapat rencana revisi Perda RTRW. Hal yang ditekankan agar revisi Perda RTRW tidak berdampak terhadap alih fungsi lahan,” kata Kepala Dinas Pertanian Karawang, Hanafi, Kemarin (9/8).

Pemkab Karawang melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan merevisi Perda RTRW untuk menyesuaikan sejumlah proyek strategis di Karawang yang diluncurkan pemerintah pusat.

Oleh sebab itu, kata Hanafi, disarankan agar Bappeda yang menjadi “leading” sektor revisi Perda RTRW itu tetap memperhatikan keberadaan areal pertanian di Karawang.
“Jangan sampai terjadi alih fungsi lahan pertanian ke nonpertanian secara besar-besaran dengan adanya revisi RTRW itu,” kata Hanafi.

Kepala Bappeda Karawang, Eka Sanatha mengatakan, saat ini pihaknya masih menyiapkan perubahan Perda tentang RTRW Karawang. Revisi itu dilakukan untuk menyesuaikan sejumlah proyek strategis yang diluncurkan pemerintah pusat di Karawang. Artinya, relanjutnya, visi itu diarahkan untuk menunjang pembangunan nasional.
“Ada sejumlah proyek strategis pemerintah pusat di wilayah Karawang. Jadi akan dilakukan perubahan Perda RTRW,” katanya.

Rencana perubahan Perda RTRW itu diantaranya terkait dengan rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya yang hingga kini belum dihapus dari program pembangunan nasional.

Selain itu, dalam pembahasan ada juga lima proyek strategis nasional lainnya yakni, pembangunan jalur kereta api cepat, pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Cilamaya, serta rencana pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II.
Proyek pemerintah pusat lainnya yang membutuhkan perubahan Perda RTRW Karawang ialah mengenai rencana pembangunan Jalan Tol Jatiasih-Purwakarta melintasi Karawang serta rencana pembangunan Bandara Internasional Karawang. (use/din)