Beranda SUBANG Belum Terdata Potensi Pemilih Disabilitas

Belum Terdata Potensi Pemilih Disabilitas

48
0
Ilustrasi Disabilitas

SUBANG-Data potensi pemilih disabilitas untuk Pilkada 2018 harus sudah mulai disiapkan. Hak pilih bagi mereka yang memiliki keterbatasan harus tersalurkan.

Oleh karena itu Dinas Sosial dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Subang harus sudah mulai berkomunikasi untuk memastikan jumlah potensi hak pilih disabilitas.

Berdasarkan informasi dari Dinas Sosial, hingga saat ini belum terdata jumlah disabilitas berdasarkan pengelompokan usia. Dinas Sosial hanya memiliki data jumlah total disabilitas, yakni 9.236 orang berdasarkan data tahun 2016.

Sehingga dengan begitu, perlu proses pengerjaan untuk mendata kembali jumlah disabilitas. Sampai bisa dikelompokan berdasarkan usia. Sehingga jumlah potensi pemilih disabilitas bisa terhitung.

“Data yang kami peroleh itu data tahun 2016. Sehingga sudah bisa dipastikan ada perubahan data,” kata pelaksana Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Subang, Irvan Ferdiansyah kepada Pasundan Ekspres, kemarin.

Dua lembaga tersebut hingga kini belum melakukan komunikasi mengenai hak pilih disabilitas dalam Pilkada 2018. “Belum ada hubungi kami soal menanyakan data. Biasanya nanti beberapa bulan sebelum pelaksanaan,” ujarnya.

Sepengetahuannya, Dinsos sendiri telah memberikan data jumlah disabilitas ke KPUD Subang untuk keperluan Pilpres 2014.

“Kalau untuk acuan jumlah disabilitas jika mengambil data yang tahun 2014 itu perubahan jumlahnya pasti jauh. Karena belum berkomunikasi dengan kami untuk data terbaru, bisa jadi acuan sementara KPU yang itu,” ungkapnya.

Ia berharap selain kepentingan jumlah pemilih disabilitas, Dinsos meminta agar ada perlakuan khusus bagi disabilitas dalam menyalurkan hak pilihnya.

Terpisah, Komisioer KPUD Subang Suryaman mengatakan, pemilih disabilitas tak perlu khawatir hak pilihnya tidak tersalurkan. Karena KPU sendiri telah merancang bagaimana agar mereka pun bisa berpartisipasi di Pilkada 2018.

Sementara itu mengenai data sendiri, ia menyebut ada sekitar 8 ribuan orang disabilitas yang berpotensi sebagai pemilih dalam Pilkada 2018.

“Sementara data yang kami punya sekitar 8 ribuan. Itu nanti kita akan verifikasi kembali,” pungkasnya.(ysp/epl)

 

YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES

Grafis

Jumlah Penyandang Disabilitas di Subang 9.236 Orang

–              Disabilitas tubuh  : 2.405 orang

–              Disabilitas rungu wicara: 2.114 orang

–              Disabilitas mental retardasi: 1.531 orang

–              Disabilitas netra   : 2.110 orang

–              Disabilitas berat : 1.076 orang