Beranda PURWAKARTA Bekali Kades Wawasan Kebangsaan

Bekali Kades Wawasan Kebangsaan

83
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES PEMBEKALAN: Sejumlah kades menghadiri pembekalan terkait wawasan kebangsaan melalui kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang digelar di Gedung Yudistira, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta, Kamis (31/5) petang.

PURWAKARTA-Kodim 0619/Purwakarta mengundang Kepala Desa se-Kabupaten Purwakarta untuk menghadiri pembekalan terkait wawasan kebangsaan melalui kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang digelar di Gedung Yudistira, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta, Kamis (31/5) petang.

Dalam materinya, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana melalui Kasdim 0619/Purwakarta Mayor Inf Tito M Harahap mengatakan, sebagai ujung tombak pemerintahan daerah, kepala desa harus mampu memiliki wawasan kebangsaan yang baik.

“Wawasan kebangsaan itu penting. Ideologi Pancasila dan UUD ’45 harus kuat untuk menangkal ideologi radikal yang berbahaya seperti terorisme satu di antaranya,” kata Tito.

Tito juga mengungkapkan bahaya proxy war yang kian menjadi ancaman nyata saat ini. “Proxy war sudah terjadi di beberapa negara di kawasan Timur Tengah. Salah satunya di Suriah. Jika wawasan kebangsaan kita kurang, akan berpengaruh pada Ketahanan Nasional, maka proxy war semakin mengancam,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, Tito berharap para kepala desa dapat juga menguatkan wawasan kebangsaan di lingkungan masyarakat desa.

“Harapanya, para kades yang hadir ini dapat memperkuat wawasan kebangsaan di masyarakat desa tempat mereka memimpin. Sampaikan informasi yang didapat saat ini sejelas-jelasnya,” ucapnya.(add/ded)