Beranda KARAWANG Bayi Lahir Tanpa Kulit Perut

Bayi Lahir Tanpa Kulit Perut

44
0

KARAWANG-Bayi pasangan Entin Kustini dan Warcan yang merupakan warga Dusun Karangjaya, Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang lahir dengan kondisi memprihatinkan. Pasalnya, bayi itu tidak mempunyai kulit perut. Bayi yang lahir di Puskesmas Blanakan Subang dirujuk ke UGD RSUD Karawang.

Dokter jaga IGD RSUD Karawang, Irwan Hermawan mengatakan, kasus bayi ini merupakan yang jarang antara 1 berbanding 2500 sampe per 10.000 terjadi kasusnya, dalam istilah media disebut Gastroschisis efek yang ditimbulkan infeksi, dehidrasi dan kemungkinan ada ketidak matangan proses organ-organ dalam tubuh.

“Kelainan ini disebabkan karena kegagalan pembentukan dinding perut dimasa kehamilan dimulai dari umur 8 minggu,dan diyakini ada perubahan pada gen dan kromosom dan potensi ini bisa terjadi pada kasus ibu hamil muda,” ujar Irwan.

Sementara itu, Kakak Warcan, Darni (42) menyampaikan, bahwa saat kehamilan tidak ada tanda-tanda yang aneh yang dialami oleh adik iparnya.

Ditambahkan Darni, saat kehamilan adik iparnya setiap bulan rutin melakukan imunisasi di posyandu,dan melakukan USG satu kali itupun sewaktu ada USG gratis sewaktu umur kandungan 4 bulan.

“Karena keluarga tidak mampu dengan segala keterbatasan jadi keluarga ga tau apa itu karena kurang gizi atau kenapa,karena tidak ada tanda-tanda aneh saat kehamilan,”tegasnya. (use/tra)