Beranda KARAWANG Bapperda Evaluasi Pembentukan Perda

Bapperda Evaluasi Pembentukan Perda

21
0
USEP SAEPULLOH/PASUNDAN EKSPRES BERKAS RAPERDA: Ketua Bapperda DPRD Kabupaten Karawang, Acep Suyatna memperlihatkan dokumen raperda yang sedang dibahas lembaganya.

10 Raperda Inisiatif DPRD, 17 Raperda Usulan Eksekutif

KARAWANG-Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapperda) DPRD Kabupaten Karawang melakukan evaluasi Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propem Perda) 2017, Jumat (13/10).

Dalam evaluasi ini, dibahas terkait perda-perda yang sudah diparipurnakan serta yang belum, termasuk membahas raperda yang akan segera dibahas dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus).

Ketua Bapperda DPRD Kabupaten Karawang, Acep Suyatna mengatakan, sedikitnya ada 10 raperda inisiatif DPRD serta 17 raperda dari eksekutif selama tahun 2017 ini. Dari 10 raperda inisiatif DPRD, 5 diantaranya sudah diparipurnakan dan dua raperda saat ini sedang dibahas, yakni Raperda Perlindungan Guru dan Raperda Pelestarian Kesenian Tradisional yang merupakan inisiatif Komisi D. Sedangkan untuk raperda dari eksekutif, dari 17 usulan baru 6 raperda yang sudah diparipurnakan.
“Kami bahas lagi semuanya di Bapperda, termasuk membahas raperda mana lagi yang harus segera dibentuk Pansus,” ujar Ketua Fraksi PKB DPRD Karawang ini.

Ia menambahkan, dalam evaluasi tersebut juga membahas terkait Propem Perda 2018. Karena bukan tidak mungkin akan ada raperda-raperda baru yang harus segera dibuat serta raperda yang masuk di Propem Perda 2017 dilanjutkan pada 2018.
“Diperkirakan juga, raperda mana yang sekiranya tidak bisa dibahas tahun ini, sehingga akan dilanjutkan pada 2018 nanti, dijandikan Propem Perda 2018. Nanti juga pasti ada lagi yang baru,” jelasnya. (use/din)