Beranda KARAWANG Bakal Gelar Operasi Pasar di Enam Titik

Bakal Gelar Operasi Pasar di Enam Titik

68
0
Rakhmat Gunadi

KARAWANG-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, bakal menggelar operasi pasar murah di sejumlah daerah sekitar Karawang selama bulan Ramadhan. Hal itu dilakukan untuk mengendalikan harga di pasar saat bulan ramadhan.

“Rencananya, operasi pasar murah itu akan digelar di enam titik,” ujar Sekretaris Disperindag Karawang Rakhmat Gunadi.

Dikatakan, enam titik yang telah diagendakan itu ialah di wilayah Kecamatan Cikampek, Tirtamulya, Banyusari, Cilebar, Tegalwaru, dan Kecamatan Jayakerta.

Ia mengatakan, operasi pasar murah dilakukan di antaranya bertujuan untuk mengendalikan harga di pasaran agar tidak melonjak, serta untuk membantu masyarakat miskin. Operasi pasar murah tersebut akan digelar dengan bekerja sama kepada pihak terkait seperti Bulog, Dinas Pangan Karawang, dan lain-lain.

Dijelaskan, jadwal untuk operasi pasar itu dari tanggal 21 Mei di Pasar Cikampek, 23 Mei di pasar Tirtamulya, 28 Mei di pasar Banyusari, 31 Mei di pasar Cilebar, 4 Juni di pasar Tegalwaru dan 6 Juni di pasar Jayakerta.

“Kami juga sudah menyiapkan harga dan barang untuk operasi pasar tersebut,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pengawas Pangan Terpadu Karawang Kadarisman mengatakan operasi pasar murah menjadi strategi pemkab dalam mengupayakan pengendalian harga. Selain itu, selama Ramadhan nanti pihaknya akan menurunkan tenaga pengawas harga di lapangan, untuk mengetahui kepastian harga yang dilaporkan mereka di sejumlah pasar setiap harinya.

Menurutnya, kemungkinan kenaikan harga bahan pokok di pasaran pada Ramadhan itu tidak dapat dihindari. Karena itu pihaknya menyiapkan kegiatan operasi pasar untuk melakukan pengendalian harga. (use/tra)