Beranda EDUKASIA Bahtsul Masail Perluas Wawasan Keagamaan

Bahtsul Masail Perluas Wawasan Keagamaan

61
0

SUBANG-MWC NU, Muslimat, PAC Ansor, PAC FKDT Kecamatan Cibogo menggelar acara Batsul Massail An-Nahdoh Kabupaten dan Halal Bi Halal, Sabtu (29/7) di Ponpes Hidayatul Muzzaki.

Acara tersebut diselenggarakan untuk mempererat silaturahmi warga NU dan melakukan syiar Islam. Dihadiri oleh beberapara tokoh agama, pemerintahan dan masyarakat.

Pembahasan Bahtul Masaail ini terkait dengan orang yang melakukan aktifitas di tempat ibadah masjid atau mushola. Misalnya makan minum atau istirahat tapi tidak melaksanakan ibadah.
“Kegiatan ini untuk menyambungkan pemikiran – pemikiran para ulama Kiyai/Ustadz tentang hukum yang ada agar para Kiyai/Ustadz mau membuka kitab – kitab yang besar misalnya fathul mu’in, fatul wahab,” kata Ketua An-Nahdoh Kabupaten Subang, KH. Satibi, S.Pd.,MM.

Kalau tanpa Bahtsul Masaail, kata dia, belum tentu membuka kitab besar itu apalagi yang tidak punya santri.

Kegiatan An-Nahdoh ini sudah dilaksanakan 15 kali kegiatan ini yang terbagi kedalam tiga wilayah Subang yaitu utara, selatan dan Subang kota.
Pada kesempatan yang sama Camat Cibogo, Hazizul Hakim, S.Sos.,M.Si mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut dalam rangka silaturahmi dan dalam rangka memajukan Syi’ar Agama di wilayah Kecamatan Cibogo khusuny.
“Membangun kekompakan dengan tokoh agama untuk menangkal paham-paham yang tidak sesuai dengan Ahlussunnah Wal Jamaah dan paham- paham radikalisme yang marak terjadi,” ungkapnya.

Ketua PAC GP Ansor Cibogo, Rahmat S.Sy mengatakan, melalui kegiatan ini dapat memperluas wawasan kegamaan yang berawal dari permasalahan-permasalahan di masyarakat terutama fiqhiyah serta berbagai macam mazhab.
“Berbagai macam pendapat disatukan kemudian kita ambil satu intisari dengan solusi yang telah dipaparkan oleh kiyai. Dengan adanya acara tersebut kita dapat bersilaturahmi mengkompakan kembali antara banom-banom NU. Harapannya semoga pemuda di Cibogo bisa ikut andil dalam setiap acara keagamaan,” pungkasnya.(ysp/epl)